Pemkot Persiapkan Pelantikan Wali Kota

BANDUNG – Menjelang pelantikan serah terima jabatan Wali Kota Bandung dari Ridwan Kamil kepada Oded M. Danial jajaran Pemerintah Kota (Pemkot Bandung) tengah melakukan proses persiapan.

Berdasarkan Informasi yang diperoleh Jabar Ekspres rencananya pelantikan Walikota Bandung Ridwan Kamil (Emil) sebagai Gubernur Jawa Barat dimajukan dari 17 September 2018 menjadi 5 September dengan tempat di Istana Negara.

Sedangkan Wakil Walikota Bandung Oded M. Danial akan dilantik jadi Walikota Bandung direncanakan pada 20 September 2018 di Gedung Merdeka, Kota Bandung, bersama 5 kepala daerah terpilih lainnya di Jawa Barat.

Menghadapi peristiwa penting ini, seluruh pimpinan perangkat daerah di Kota Bandung mulai mempersiapkan diri. Kepala Bagian Pemerintahan Umum Anton Sugiana telah mengatur skema pelantikan dan peralihan jabatan.

“Nanti bukan hanya pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota saja, tetapi juga akan ada pejabat peralihan. Apakah itu Plh atau Pj selama masa kekosongan,” ungkap Anton belum lama ini.

Dia mengungkapkan, saat Oded dan 5 Bupati dan Walikota lainnya dilantik, prosesi akan memulai dari Hotel Homann pada pukul 08.00 WIB.

Mereka akan melakukan Historical Walk di sepanjang Jalan Asia-Afrika menuju Gedung Merdeka. Selanjutnya, di Gedung Merdeka yang berkapasitas 1.000 orang itu akan dilaksanakan prosesi pelantikan.

Seusai pelantikan, para kepala daerah akan diarak menggunakan kereta kencana, diikuti oleh Bandros (Bandung Tour on Bus) mengelilingi Kota Bandung hingga ke Gedung Sate.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan 7 kereta kencana dan 8 unit Bandros.

Selain itu, Disbudpar Kota Bandung juga menyiapkan seremonial khusus untuk menghantarkan Ridwan ke Gedung Sate dan menyambut Oded di Balai Kota Bandung. Seremonial bertema “Jajap Ka Jabar” itu akan dilaksanakan pada 22 September 2018.

Berbagai atraksi budaya khas Kota Bandung dan yang berasal dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat akan meramaikan momentum bersejarah itu.

Nanti akan ada simbolis penyerahan kunci kota dari Kang Emil ke Mang Oded di Balai Kota Bandung,” ungkap Kepala Disbudpar Kota Bandung Dewi Kaniasari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan