Pemkot Akan Luncurkan Kartu Belanja BSC

123
PERNAH DILUNCURKAN: Kartu pintar Bandung Smar Card sebelumnnya pernah di launching oleh Wali Kota Ridwan Kamil waktu lalu.

BANDUNG – Untuk memudahkan masyarakat dalam berbelanja, Pemkot Bandung pada 13 Agustus nanti akan meluncurkan Bandung Smart Card (BSC).

Kepala Bidang (Kabid) Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Sri Dhiandini mengatakan, pada hari peluncuran tersebut nantinya di berbagai pusat perbelanjaan yang sudah bekerjasama akan digelar pesta diskon bila bertransaksi menggunakan BSC.

Dia menurutkan, diluncurkannya BSC sebetulnya memiliki tujuan untuk mengajak masyarakat agar beralih menggunakan non tunai dalam berbelanja. Namun, cara ini akan lebih menguntungkan dengan disertai diskon khusus bagi pengguna BSC.

“Ya kedepan kita akan terus bekerjasama, agar masyarakat Bandung mau menggunakan BSC. Seperti diskon- diskon di tempat pariwisata, kuliner dan lain-lain” jelas Sri.

Dia memaparkan, BSC sendiri adalah alat pembayaran non tunai untuk digunakan di Kota Bandung khususnya pelayanan publik. Bahkan, BSC bisa dimiliki oleh setiap orang dan hanya digunakan di Kota Bandung.

Untuk mendapatkan kartu ini, pihaknya sudah menyiapkan beberapa program kerja sama dalam rangka mempermudah masyarakat dalam mendapatkan BSC di 8 kantor perbankkan.

“Kita sudah bekerja sama dengan delapan bank, salah satunya BJB untuk mendukung kelancaran BSC Ini” tutur Sri.

Sementara itu, Kepala Tim pengawasan Sistem Pembayaran, Pengelolaan rang rupiah dan Keuangan Implusif Bank Indonesia Hermawan N menambahkan, dengan BSC atau pembayaran non tunai banyak memiliki keuntungan bagi yang emmilikinya.

Menurutnya, BSC memiliki keamanan yang terjamin, mudah digunakan, praktis, dan bisa dikontrol oleh penggunannya.
Selain itu, kehadiran BSC ini dalam rangka mendukung mewujudkan Bandung Smart City.

Secara teknis BSC ini sama denga uang elektronik dan akun debit lainya. Hanya saja ada kekhususan tersendiri untuk BSC. Sedangkan maksimal pengisian BSC sebesar dua juta rupiah,

Hermawan mengatakan, untuk pengguna awal rencanannya Pemkot Bandung akan mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memiliki kartu ini. Bahkan, untuk rencana ini Pemkot sudah menandatangani kesepakatan bersama antara Wali Kota Bandung dengan Delapan Bank dan disaksikan oleh Perwakilan Bank Indonesia.

’’Penggunaan BSC akan selalu diperhatikan hak perlindungan konsumen dan berbagai informasi menarik lainnya,” kata dia. (mg3/yan)

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.