Minta Proses Perekrutan Diulang

BANDUNG – Badan Komu­nikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia atau BKPRMI Jawa Barat meminta proses perekrutan calon anggota KPUD Jawa Barat diulang. Sebab, ada dugaan Tim Seleksi Penja­ringan anggota KPU Jabar.

”Hal ini dibuktikan dengan pencoretan yang dilakukan oleh Timsel KPU terhadap enam calon komisioner KPU Jabar yang sebelumnya sudah diumumkan. Ini menguatkan dugaan ketidaknetralan dan ketidakprofesionalan tim,” kata Ketua DPW BKPRMI Jawa Barat, Ijang Faisal, ke­marin (21/9).

Menurutnya, tindakan Tim Seleksi KPU Jabar yang telah meralat pengumuman 14 nama yang telah diumumkan. Namun, ada enam nama yang dikoreksi dari pengumuman tanpa penjelasan. Pencoretan itu, diduga karena ada inter­vensi dari pihak-pihak ter­tentu.

”Indikasi tidak netral itu mengacu karena ada jejak digital yang menunjukkan yang bersangkutan terafiliasi kepada kekuatan politik ter­tentu,” katanya.

Selain itu terang dia, ralat pengumuman tersebut telah melanggar HAM seseorang karena menyangkut kredibi­litas orang yang dicoret. Tinda­kan tersebut sangat disayang­kan mengingat Timsel KPU Jabar notabene dibentuk atau ditunjuk oleh KPU RI.

”Oleh sebab itu, permoho­nan Gerindra agar timsel KPU Jabar diberhentikan kemu­dian membentuk timsel KPU baru untuk segera memulai lagi perekrutan calon KPU Jabar mutlak harus dilakukan. Agar hasilnya nanti KPU Jabar bisa dipercaya oleh parpol dan publik di jawa barat,” te­gasnya.

Sebelumnya, Dewan Pem­bina Partai Gerindra, Mulya­di menilai Ketua Tim Seleksi Komisioner KPUD Jawa Barat, Muradi diduga tidak netral. Sebab, terbukti sebagai bagiandari tim sukses pemenangan Jokowi-JK di Pemilihan Pre­siden 2014. Kemudian, terca­tat menjadi tim sukses Jo­kowi 2019 dalam kelompok aktivis 98 yang mendukung Jokowi dua periode.

Di tempat terpisah, Ketua Tim Seleksi Komisioner KPUD Jabar sekaligus Pengamat Politik dari Universitas Pad­jajaran Bandung, Muradi menanggapi santai tuduhan itu. Dan enggan banyak ber­komentar karena menurutnya yang memiliki kewenangan memilih dirinya menjadi Ke­tua Tim Seleksi Komisioner KPUD Jabar adalah KPU RI.

”Apa yang harus saya tang­gapi atau yang harus saya sikapi?. Saya tidak dalam po­sisi menjelaskan karena KPU RI yang mengangkat saya,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan