Metik Jeruk di Kebun Jeruk Jersey

IBUN – Masyarakat mungkin belum banyak yang tau kalau di Kampung Ciraab Kidul, Desa Sidangsari, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung terdapat Agribisbnis berupa kebun jeruk yang sangat cocok untuk berekreasi bersama keluarga.

Tempat tersebut dinamakan Kebun Jeruk Jersey yang merupakan obyek wisata baru di buka beberapa bula lalu.
Yang didalamnya terdapat ratusan pohon jeruk dengan buah yang sangat lebat. Bahkan, area perkebunan tersebut sampai ke puncak bukit.

Pemilik kebun jeruk yang biasa dipanggil Mamah Rohamah, 50, mengakui sebelumnya kebunnya hanya dijadikan sebagai perkebunan jeruk biasa dan tidak terbuka untuk umum. Tetapi, karena banyak permintaan dari masyarakat akhirnya kebun di buka untuk umum.

“Mamah sih tadinya engga ada niatan mau buka kaya gini, tapi warga banyak yang minta, dan setelah dibolehkan untuk masuk kebun kok malah tambah banyak orang yang mau,” kata Mamah.

Melihat kondisi ini, akhirnya dia dengan dibantu warga sekitar mencoba untuk mengelola kebun tersebut menjadi obyek wisata. Sehingga, sampai hari ini banyak dari wisatawan lokal datang ke kebun jeruk.

Untuk sampai ke obyek wisata ini dibutuhlan waktu perjalanan selama dua jam dari pusat Kota Bandung via Jalan Buahbatu-Majalaya atau Cileunyi-Majalaya. Bila telah sampai di Majalaya langsung ke arah jalan SMPN Ibun, di sekitar jalan tersebut tinggal menanyakan ke warga sekitar karena belum ada papan petunjuk menuju Kebun Jeruk Jersey.

Sesampainya di parkiran kendaraan, untuk sampai ke kebun Anda harus berjalan kaki sejauh 2 km melintasi jalan setapak dan mengintari pemukiman warga. Kebun jeruk ini berdiri di lahan seluas dua hektare dan berada di atas pegunungan, cocok sekali bagi Anda yang ingin mengajak keluarganya berlibur di alam bebas.

“Luas lahnya sekitar dua hektare. Jeruk yang ditanamnya jenis jeruk sieum, jeruk dari Garut. Dulu saya beli bibitnya sebanyak 140 pohon sekarang sudah tumbuh dan berbuah,” ungkap Mamah.

Kebun jeruk ini dikelola sendiri oleh Mamah, kadang dibantu oleh adik dan sanak keluarganya untuk merawat atau sekedar menyiram ratusan pohon jeruk itu.

Tinggalkan Balasan