Layani Langsung, Direksi Pastikan Kepuasan Peserta JKN-KIS

Rangkaian HUT BPJS Kesehatan ke-50

60
HUT BPJS Kesehatan ke 50
ISTIMEWA FOR JABAR EKSPRES
PELAYANAN MAKSIMAL: Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan Mundhiharno (kiri) menjadi frontliner dan melayani langsung peserta JKI-KIS di kantor cabang BPJS Kesehatan Cimahi, kemarin (12/7).

CIMAHI – Para direksi BPJS Kesehatan terjun langsung meninjau pelayanan di sejumlah Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Hal ini dilakukan untuk memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mendapat pelayanan terbaik dalam rangkaian Hut BPJS Kesehatan ke-50.

Kemarin (12/7), direksi BPJS Kesehatan pun menjadi frontliner di Kantor Cabang Cimahi. Dengan telaten, mereka pun turut melayani langsung para peserta JKN-KIS yang datang berkunjung.

MENDAFTAR SAAT SEHAT: Salah seorang peserta JKN-KIS mendengarkan hak dan kewajiban yang harus dipenuhi selama mengikuti BPJS Kesehatan.

”Kegiatan eksekutif frontliner ini merupakan salah satu wujud komitmen kami dalam menjaga dan mengoptimalkan mutu pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Kepuasan dan loyalitas peserta menjadi prioritas kami,” tegas Direktur Perencanaan, Pengembangandan Manajemen Resiko BPJS Kesehatan Mundiharno usai melayani peserta JKN-KIS di Kantor Cabang Cimahi, kemarin.

”Ke depannya kami berharap para duta BPJS Kesehatan makin terpacu untuk memaksimalkan layanan. Kualitas layanan tidak boleh stagnan. Sebab, ekspektasi peserta terus meningkat,” sambungnya.

Dia mengatakan, khususnya di Loket Fast Track (Pelayanan Cepat) tidak boleh lama. Paling lama tiga menit. Hal ini diperlu dipertegas agar tidak ada antrean panjang dari peserta.

”Sejauh yang saya layani, para peserta mendapatkan informasi yang jelas tentang hak dan kewajiban kepesertaan. Para peserta juga sudah paham virtual account untuk pembayaran iuran, termasuk kemana harus berobat. Jadi tidak langsung ke rumah sakit,” urainya.

Dia mengungkapkan, sudah banyak peserta sudah paham fasilitas tingkat pertama pengobatan. Dengan kata lain, sosialisasi cukup berjalan dengan baik. ” urainya lagi.

Selain terus mendorong tingkat kepesertaan, Mundiharno juga mengungkapkan, berupaya agar masyrakat itu mendaftar dalam keadaan sehat. Jangan sampai, kata dia, masyarakat baru mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan saat sakit. Apalagi sudah sakit kronis.

Dia balik hal itu, Mundiharno berharap, masyarakat sadar jika program BPJS Kesehatan ini merupakan program gotong royong nasional yang menyasar seluruh lapisan masyarakat. Tidak hanya itu, saat ini tingkat kepesertaan juga ditingkatkan dari tingkat usia muda.

”Makanya, saat ini kami terus gencarkan BPJS Kesehatan goes to campus, atau goes to school. Agar para pelajar ini mulai mengerti tentang pentingnya kesehatan. Tapi yang terpenting saat ini ada mengedukasi mereka tentang pentingnya asuransi jiwa,” tandasnya sambil menambahkan, beberapa kampus saat ini sudah menjadikan JKN sebagai salah satu syarat penerimaan.

Karena memiliki program gotong royong nasional, maka setiap program yang dimiliki BPJS Kesehatan harus bisa bersinergi dengan pelayanan publik lain.

Sementara itu, Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat BPJS Kesehatan, Mohammad Edison menambahkan, saat ini target kepesertaan naik signifikan. Dari 24 juta tahun ini, 23.600.000 ribu. ”Dan kita terus berusaha meningkatkan angka kepesertaan tersebut,” tegasnya. (rie)

Pelayanan BPJS Kesehatan di Cimahi

– Bekerja sama dengan 128 FKTP yang terdiri atas 45 Puskesmas, 14 Dokter Praktik Perorangan, 66 Klinik Pratama, serta 3 Dokter Gigi.

– Di tingkat FKTRL, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi telah bermitra dengan 12 RS, 4 Apotek, dan 4 Optik.

Pelayanan BPJS Kesehatan secara global

-BPJS Kesehatan kesehatan bekerja sama dengan 22.247 FKTP terdiri atas 9.881 Puskesmas, 5.023 Dokter Praktik Perorangan, 5.473 Klinik Non Rawat Inap, 643 Klinik Rawat Inap, 20 RS Kelas D Pratama, serta 1.207 Dokter Gigi.

– Sementara itu di tingkat FKTRL, BPJS Kesehatan telah bermitra dengan 2.397 RS dan Klinik Utama, 1.607 Apotek, dan 1.079 Optik.

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.