Flyover Padasuka Diuji Coba Kelaikan

CIMAHI – Flyover Padasuka yang menyambungkan antara Jalan Padasuka dan Jalan Warung Contong mulai diujicobakan. Ujicoba jalan yang berada diperlintasan tersebut mulai dilakukan selama lima hari, yaitu pada Selasa hingga Sabtu atau 16 sampai 20 Oktober 2018.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi Endang, mengatakan dengan diaktifkannya jembatan tersebut diharapkan dapat mengurangi kemacetan di jalur utama atau Jalam Amir Mahmud Kota Cimahi.

Dalam pelaksanaan ujicoba tersebut, arus lalu lintas tidak mengalami perubahan. Rekayasa lalulintas sendiri akan dilakukan menunggu evaluasi dari ujicoba yang dilakukan.

“Untuk sekarang hanya memfungsikan flyover yang semula masih ditutup untuk lalu lintas menjadi boleh dilalui kendaraan. Kami batasi kendaraan berat dan berbadan lebar seperti truk dan bus tidak bisa melintas. Kami harapkan bisa mengurai kemacetan di titik jalur utama sehingga arus lalu lintas semakin lancar,” katanya.

Endang menjelaskan, ujicoba flyover sendiri dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak, diantaranya Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi, dan Subdenpom Cimahi serta Satpol PP Kota Cimahi.

“Alhamdulillah ujicoba pertama lancar. Masih ada hal-hal di lapangan yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki, termasuk dari masyarakat ada masukan yang akan menjadi bahan pertimbangan kami ke depan,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto, mengatakan keberadaan jembatan Padasuka membantu kelancaran arus lalu lintas di sekitar kawasan tersebut. Namun pihaknya mengakui sudah memprediksi akan ada pergeseran titik kemacetan.

“Tentunya sangat membantu, hanya saja dampaknya pasti ada pergeseran titik kemacetan. Kami akan mengkaji kemungkinan rekayasa lalulintas untuk kendaraan yang akan melintasi flyover,” tegasnya.

Sementara itu, seorang warga Kampung Warung Contong, Endang Suhendar, 73, mengaku sangat terbantu dengan adanya flyover tersebut lantaran akses menuju Padasuka menjadi lebih mudah.

“Biasanya saya memutar jalan ke perlintasan rel KA menuju Lapangan Tembak buat olahraga. Sekarang dengan ada jembatan ini lebih dekat jaraknya, juga enggak bahaya lagi,” ujar Endang saat ditemui.

Kendati demikian, dirinya mengkhawatirkan volume kendaraan yang nantinya akan masuk melalui Komplek Padasuka justru akan menyebabkan kemacetan di Jalan Usman Dhomiri, Padasuka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan