Emil Belanja Ide, Demiz Lebih Santai

KPU Pastikan Debat Kandidat Berjalan Lancar

59

BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar memastikan, debat kandidat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat akan berlangsung lancar di Sabuga, Bandung, hari ini (12/4). Terlebih lagi, KPU sudah mempersiapkan masalah teknis dan kedua masalah non teknis.

”Persiapan teknis, sudah kami lakukan dari jauh hari sebelumnya karena rencananya akan hadir dua ribu orang saat debat nanti,” papar Komisioner Divisi Teknis KPU Jabar, Endun Abdul Haq kemarin (11/3).

Dia memerinci, KPU sudah menyebar undangan, memastikan teknis pengamanan, persiapan kegiatan langsung dan lainnya. Termasuk mengecek kesiapan pihak tv yang akan untuk menyiarkan debat tersebut secara langsung. ”Kesiapan teknis sudah dicek saat gladi resik,” katanya.

Teknis soal pengamanan, Endun mengatakan, KPU Jabar telah membatasi pendukung yang bisa masuk ke Sabuga. Yaitu setiap tim pendukung pasangan calon (Paslon) hanya bisa membawa 350 orang pendukung. Itu pun yang sudah didata karena pendukung yang masuk diberikan tanda masuk berupa gelang.

”Sisanya (undangan, Red), sekitar 700 sampai 800 un­dangan berasal dari tokoh masyarakat Jabar, DPRD, Or­mas, dan lain-lain,” urainya.

Hal lain yang disiapkan KPU Jabar, kata dia, adalah masa­lah non teknis atau suba­tansi debatnya. KPU Jabar, sudah merumuskan ada 10 tema besar yang akan diang­kat dalam debat pertama ini.

”Kami sudah merumuskan pertanyaan yang akan dibe­rikan selama satu bulan dengan guru besar yang ada di semua kampus di Jabar,” tuturnya.

Endun berharap, debat per­dana ini menjadi sarana pem­belajaran dan sarana edu­kasi untuk semua masyarakat pemilih di Jabar. Agar, me­reka bisa memahami dan mendalami visi misi program calon.

Sehingga, bisa memberikan pencerahan pada masyarakat Jabar kalau Paslon diberikan kesempatan untuk memimpin Jabar. ”Kami berharap para paslon mengungkap visi, misi, dan program yang kom­petitif,” tandasnya.

Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku akan lebih banyak menyiapkan mental untuk menghadapi debat kandidat Cagub dan Cawagub Jawa Barat 2018. ”Insya Allah sudah siap, sudah mantap, tinggal maksimal di hari perdebatan,” kata Ridwan Kamil, kemarin.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, bersama pasangannya Uu Ruzhanul Ulum. Pasangan yang dikenal dengan sebutan Rindu terse­but sepenuhnya sudah siap menghadapi debat kandidat Pilgub Jawa Barat dalam be­radu gagasan dengan para pasangan lainnya.

Selama kurang lebih satu bulan melakukan kampanye ke berbagai daerah di Jawa Barat. Dirinya mengaku telah mendapat aspirasi serta ma­sukan dari berbagai kalangan masyarakat. Menurut Emil, hal tersebut bisa menjadi be­kal lantaran pengetahuan tentang permasalahan masy­arakat semakin bertambah.

”Sehingga kalau nanti bi­cara, saya bicara betul-betul membumi kan karena curha­tan warganya sangat real yang nanti dijawab oleh visi-misi sebagai gubernur,” urainya.

Dikatakan Emil, pihaknya juga telah memiliki bebe­rapa program yang men­jadi unggulan dan akan dipaparkan pada debat mendatang. Dirinya menga­ku telah menyiapkan so­lusi bagi semua permasa­lahan masyarakat, di mana hampir 70 persen curhatan masyarakat adalah tentang perekonomian.

”Tentang rumah, tentang ketimpangan ekonomi, tentang harga yang terlalu murah buat petani dan sebagainya. Jadi fokus saya 70 persen atau 60 persen ekonomi,” urainya lagi.

Dirinya menilai permasala­han tersebut patut diselesai­kan lantaran ekonomi selalu menjadi curhatan masyarakat yang tak kunjung mendapat solusi. Sementara untuk program-program lainnya adalah untuk permasalahan dasar yang juga dinilai harus segera dibenahi. Di antaranya pendidikan dan kesehatan.

Selain itu, Emil mengung­kapkan, pasangan Rindu juga memiliki visi dan misi sebagai upaya untuk membangun Jawa Barat ke depannya men­jadi lebih baik. Dirinya telah menyiapkan dua gagasan, yaitu menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi digital dan menjadikan Jawa Barat lebih maju melalui potensi-poten­si pariwisata.

Sementara itu, Calon Gu­bernur (Cagub) Jawa Barat Deddy Mizwar mengaku san­tai jelang menghadapi debat kandidat. ”Dibawa santai saja, enjoy,” kata pria yang akrab disapa Demiz itu di Cirebon, belum lama ini.

Dia mengatakan, sudah mempersiapkan segala se­suatunya dengan baik. Ting­gal, dia bersama wakilnya Dedi Mulyadi mengikuti alur pertanyaan yang diberitakan oleh KPU. ”Ikuti saja (materi pertanyaannya, Red). Tapi, pada dasarnya sudah siap,” tegasnya. (mg1/rie)

~ads~
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.