Emil Belanja Ide, Demiz Lebih Santai

BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar memastikan, debat kandidat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat akan berlangsung lancar di Sabuga, Bandung, hari ini (12/4). Terlebih lagi, KPU sudah mempersiapkan masalah teknis dan kedua masalah non teknis.

”Persiapan teknis, sudah kami lakukan dari jauh hari sebelumnya karena rencananya akan hadir dua ribu orang saat debat nanti,” papar Komisioner Divisi Teknis KPU Jabar, Endun Abdul Haq kemarin (11/3).

Dia memerinci, KPU sudah menyebar undangan, memastikan teknis pengamanan, persiapan kegiatan langsung dan lainnya. Termasuk mengecek kesiapan pihak tv yang akan untuk menyiarkan debat tersebut secara langsung. ”Kesiapan teknis sudah dicek saat gladi resik,” katanya.

Teknis soal pengamanan, Endun mengatakan, KPU Jabar telah membatasi pendukung yang bisa masuk ke Sabuga. Yaitu setiap tim pendukung pasangan calon (Paslon) hanya bisa membawa 350 orang pendukung. Itu pun yang sudah didata karena pendukung yang masuk diberikan tanda masuk berupa gelang.

”Sisanya (undangan, Red), sekitar 700 sampai 800 un­dangan berasal dari tokoh masyarakat Jabar, DPRD, Or­mas, dan lain-lain,” urainya.

Hal lain yang disiapkan KPU Jabar, kata dia, adalah masa­lah non teknis atau suba­tansi debatnya. KPU Jabar, sudah merumuskan ada 10 tema besar yang akan diang­kat dalam debat pertama ini.

”Kami sudah merumuskan pertanyaan yang akan dibe­rikan selama satu bulan dengan guru besar yang ada di semua kampus di Jabar,” tuturnya.

Endun berharap, debat per­dana ini menjadi sarana pem­belajaran dan sarana edu­kasi untuk semua masyarakat pemilih di Jabar. Agar, me­reka bisa memahami dan mendalami visi misi program calon.

Sehingga, bisa memberikan pencerahan pada masyarakat Jabar kalau Paslon diberikan kesempatan untuk memimpin Jabar. ”Kami berharap para paslon mengungkap visi, misi, dan program yang kom­petitif,” tandasnya.

Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku akan lebih banyak menyiapkan mental untuk menghadapi debat kandidat Cagub dan Cawagub Jawa Barat 2018. ”Insya Allah sudah siap, sudah mantap, tinggal maksimal di hari perdebatan,” kata Ridwan Kamil, kemarin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan