Dorong Minat Baca Masyarakat

PAGADEN– Desa Gambarsari Kecamatan Pagaden akan segera miliki Taman Bacaan yang representatif. Saat ini, taman bacaan tersebut, sedang dalam proses penataan aparatur pemerintah desa. Taman Bacaan itu, diharapkan mampu merangsang minat membaca bagi pelajar maupun warga.

Kamis pagi (20/9), saat ditemui di ruang kerjanya, Kepala Desa Gambarsari Wasnata mengatakan, salah satu program yang dicanangkan Pemerintah Desa, tahun ini, yakni membuat Taman Bacaan yang terbuka bagi masyarakat.

Menurutnya, kantor desa bukan hanya menjadi tempat untuk memenuhi kebutuhan surat menyurat atau administrasi, tapi jadi ruang publik milik masyarakat. “Jadi kalau ada warga kesini, bisa mampir ke Taman Bacaan, atau sengaja datang ke desa untuk membaca dan bermain di ctaman yang ada di desa,” katanya.

Untuk mendukung fasilitas Taman Bacaan itu, tahun ini pihaknya mengalokasikan anggaran untuk pengadaan buku, melalui Dana Desa. Saat ini paket-paket buku dari berbagai macam umur maupun bidang sudah siap ditata.

“Sekarang lagi tahap penataan, rencananya di depan desa, akan ada gedung yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan buku, mau diberesin dulu,” jelasnya.

Bahkan katanya, jika Dana Desa Tahap III sudah cair, nantinya akan disediakan sarana internet untuk warga yang berada di Taman Bacaan. “Jadi filosofinya yang tadi, warga tidak hanya datang untuk urus KK atau KTP aja, bisa juga ajak anaknya baca dan bermain disini,” terangnya.

Dalam pantauan Pasundan Ekspres, saat ini Taman Bacaan tersebut, sedang dalam proses penataan buku-buku di sebuah gedung, yang tepat berada di depan Kantor Desa Gambarsari.(ygi/dan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan