Cianjur Kembangkan Varietas Beras Hitam

CIANJUR – Kabupaten Cianjur akan mengembangkan beras hitam menjadi salah satu produk unggulan daerah. Varietas lokal yang banyak ditemukan di selatan Cianjur itu, dinilai berpotensi untuk bersaing dengan jenis beras lainnya.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Cianjur, Mamad Nano mengatakan, skala produksi beras hitam saat ini belum banyak. Namun, pemerintah akan menyiapkan lahan untuk mendorong produksi lebih banyak.

“Kami mencadangkan lahan saat ini baru 10 hektar. Nantinya akan jadi cikal bakal dan sumber benih beras hitam,” kata Mamad, Rabu (19/9).

Menurut dia, rencana pengembangan itu didukung dengan program cetak sawah di daerah mayoritas pemasok. Salah satu cetak sawah, dilakukan di wilayah Campakamulya yang saat ini memiliki beberapa petani beras hitam.

Mamad mengungkapkan, wilayah tersebut merupakan penghasil beras hitam yang cukup dikenal. Hanya saja, sejauh ini skala produksi belum begitu banyak. “Lahan di sana juga belum banyak, paling hanya beberapa hektare. Itu juga ditanam berselang dengan beras biasa, selain itu konsumsinya juga seringkali untuk pribadi saja,” jelas dia.

Mamad menuturkan, sepanjang produk tersebut bernilai ekonomi dengan dibarengi dengan permintaan konsumen yang tinggi, beras hitam layak untuk diproduksi lebih banyak. Apalagi, nilai jual beras hitam juga tinggi sampai sekarang. Namun pengembangan itu akan dilakukan secara bertahap. “Jadi harus pelan-pelan, karena beras hitam belum begitu populer. Kasihan kalau produksi petani tersendat,” ucapnya.

Mamad menambahkan, selanjutnya dinas akan melakukan tahap pengkajian dan penelitian sebelum merealisasikan pengembangan. Harus ada penilaian kecocokan lokasi dan jenis tanah. Setelah itu, dinas akan merekomendasikan hasil kajian ke Balai Penelitian Padi untuk mendapat sertifikasi izin penyebaran benih.

“Kami targetkan bisa direalisasikan dan bisa dilakukan pertengahan 2019. Bertepatan dengan musim tanam,” kata dia.

Apabila minat tinggi, dia tidak menampik jika beras hitam nantinya akan dijadikan sebagai makanan andalan sekelas dengan beras Pandanwangi.

Sementara itu, Petani dan pedagang beras hitam Asep Muslim mengatakan, proses distribusi beras hitam diakui cukup sulit. Apalagi lokasi produksi yang berada di Desa Sukasirna Kecamatan Campakamulya berada jauh dari perkotaan. “Akhirnya memang agak susah untuk memasarkan di wilayah Cianjur. Apalagi, minat terhadap beras hitam juga belum begitu tinggi,” kata Asep.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan