Waspadai Berlibur Jangan Jadi Bencana

jabarekspres.com, BANDUNG – Pasca merayakan hari Idul Fitri biasanya masyarakat indonesia melakukan tradisi berlibur bersama keluarga dengan mengujungi berbagai obyek wisata.

Aktivitas ini seakan sudah menjadi tradisi masyarakat dalam merayakan Lebaran bersama keluarga. Namun, kegembiraan ini jangan sampai menjadi petaka ketika berlibur malah mendapatkan bencana.

Kepala BPBD Jabar Dicky Saromi mengatakan, ketika masyarakat melakukan kegiatan liburan hendaknya harus berhati-hati apabila aktivitas berlibur dilaksanakan di daerah rawan bencana.

Menurutnya, beberapa daerah rawan bencana biasanya terjadi pada tempat rekreasi yang berada di dataran tinggi dan Pantai. Namun, meskipun resiko yang dihadapi selalu tidak terduga kewaspadaan tetaplah harus dijaga

Dirinya memaparkan, dari beberapa kejadian yang pernah terjadi pernah ada insiden terjadi tanah longsor pada tempat rekreasi akibat guyuran hujan. Namun, karena berdasarkan perkiraan cuaca dari BMKG bahwa secara umum cerah. Kemungkinan terjadinya longsor kecil.

Selain itu, bencana sering terjadi biasanya pada tempat rekreasi yang berada di Pantai dimana, masyarakat sering kali tidak mengindahkan peringatan yang diberikan oleh pengelola obyek wisata untuk tidak berenang di laut kjetika gelombang sedang tinggi.

“Jadi kewaspadaan ini harus dijadikan perhatian dengan melakukan pengawasan kepada anak-anak yang berenang di pantai,”pungkas dia

Untuk memfasilitasi hal tersebut Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Jabar juga telah membuka Posko Kesiapsiagaan Mudik Lebaran (1438 H) yang akan memenuhi kebutuhan warga akan informasi bencana di jalur mudik.

 Posko yang dibangun berbeda dari rest area biasa, karena pelayanan utama di sini adalah informasi akurat dan terkini mengenai bencana di Jawa Barat yang memiliki peluang mempengaruhi jalur/arus mudik.

 “Kami siaga 24 jam dari H-7 sampai H+7 Idul Fitri 1438 H/ 2017 dan posko ini terbuka untuk umum,” katanya di lokasi Posko yang terletak di halaman Kantor BPBD Prov. Jabar Jl. Soekarno Hatta No. 629 Bandung. 

Selain Posko berbentuk fisik, Dicky juga menjelaskan masyarakat dapat mengakses Hotline di (022) 7313627 – 7315274, media sosial BPBD Jabar: facebook Bpbd Prov Jabar dan twitter @BPBDjabar.

“Khusus media sosial kami hadirkan info terbaru mengenai berbagai bencana yang telah terjadi di Jabar,” pungkas dicky (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan