Persib vs Arema: Pembuktian Marquee Player

Laga Besar di Pembuka Liga 1

2
Perkiraan pemain
PERSIB (4-2-3-1): 78- I Made Wirawan (pg), 5-Henhen Herdiana, 16-Achmad Jufriyanto, 3-Vladimir Vujovic, 6-Tony Sucipto; 24-Hariono, 5-Michael Essien; 8-Gian Zola, 7-Atep, 13-Febry Haryadi; 17-Shohei Matsunaga
Pelatih : Djadjang Nurdjaman
AREMA FC (4-3-3): 1-Kurnia Meiga (pg), 4-Syaiful Indra Cahya, 5-Bagas Adi Nugroho, 44-Arthur Cunha, 87-Johan Alfarizi; 18-Adam Alis, 11-Esteban Vizcara, 23-Hanif Sjahbandi; 21-Nasir, 10-Cristian Gonzales, 41-Dendi Santoso.
Pelatih : Aji Santoso
Live : TVOne Pukul 18.30
Stadion : Gelora Bandung Lautan Api, Bandung

jabarekspres.com, BANDUNG – Kompetisi Liga 1 bergulir hari ini (15/4). Laga di pembuka pasca pembekuan oleh FIFA pun langsung bertensi tinggi.

Bagaimana tidak, Persib Bandung didaulat sebagai tuan rumah untuk menjamu Arema FC. Laga sendiri akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), pukul 18.30 WIB (live TVOne).

Label big match sangat layak disematkan untuk laga hari ini. Sebab, kedua tim sama-sama diperkuat oleh pemain-pemain dengan kualitas terbaik di Indonesia. Baik itu untuk kategori pemain asing, pemain lokal maupun pemain muda dengan kategori usai di bawah 22 tahun.

Yang menjadi pusat perhatian adalah keberadaan marquee player Michael Essien dan Carlton Cole di kubu Persib. Sorotan lebih ditujukan pada sosok Essien yang membuat kontroversi pada laga uji coba melawan Bali United beberapa waktu lalu. Selain itu, rivalitas kedua tim dan rivalitas dua kubu suporter akan mewarnai laga tim yang masing-masing dijuluki Maung Bandung dan Singo Edan itu.

Dari tuan rumah, kubu Persib sejauh ini masih belum menunjukkan performa yang cukup meyakinkan di laga pra musim. Kekalahan dari Bali United pada laga uji coba terakhir menjadi buktinya. Pelatih Djadjang Nurdjaman perlu bekerja lebih keras lagi untuk meramu tim.

Masalah terbesar Persib tentu saja terdapat di lini depan. Sergio van Dijk tidak bisa tampil lantaran masih cedera. Penggantinya, Angga Febrianto sejauh ini masih belum menunjukkan performa yang cukup memukau.

Djadjang punya opsi memainkan Chalrton Cole. Namun, belum tentu juga dia berada dalam kebugaran yang siap tampil selama 90 menit.

”Yang pasti Sergio akan absen. Pemain lainnya Maitimo, tapi kita lihat sampai besok (hari ini),” kata Djadjang kepada wartawan pada saat preskon sebelum laga di Graha Persib, kemarin (13/4).

Pada pertandingan nanti, pria yang akrab disapa Djanur itu memastikan akan menurunkan dua pemain mahalnya yang berlaber pemain dunia. Sayangnya, dua pemain itu tidak akan diturunkan secara bersamaan.

”Akan saya turunkan tapi mungkin tidak bersamaan. Jujur sangat sulit bagi saya menentukan line up pada babak pertama,” ucap pelatih kelahiran Sumedang itu.

Djanur optimistis, dengan persiapan yang sudah dilakukan, timnya bisa meraih kemenangan atas Arema FC. Apalagi, sejak 2012 lalu, Persib belum pernah kalah di kandang sendiri ketika menghadapi Arema FC.

Djanur juga tidak melihat striker Arema FC Cristian ”El Loco” Gonzales sebagai ancaman bagi timnya. ”El Loco belum pernah mencetak gol ke gawang Persib. Tapi, pengawalan ketat, pasti bakal dilakukan,” ujar pelatih yang pernah menimba ilmu di Inter Milan ini.

Pelatih berusia 52 tahun itu menyatakan, dia cukup paham dengan karakter bermain Arema FC. Termasuk selama tim berjuluk Singo Edan ini dilatih Aji Santoso. ”Arema pastinya menyerang dengan lini tengah yang kuat. Kami tidak akan membiarkan karena pemain tengah Persib bakal fight,” kata Djanur.

Melawan Persib, Arema sendiri tidak akan tampil dengan tiga pemain seniornya. Masing-masing Ferry Amar Saragih yang menderita cedera lutut, Beny Wahyudi yang sedang cedera engkel dan Arif Suyono yang terserang sakit.

Disinggung terkait tiga pemain Arema yang tidak akan tampil, mengaku enggan terkecoh. ”Arema ya tetap Arema. Mereka tetap kuat,” ujarnya.

Dari segi performa pemain, Arema FC berada di atas angin. Tim asuhan Aji Santoso ini tampil begitu solid pada laga pramusim. Termasuk dengan sukses menjadi juara di Piala Presiden. Masuknya Jadd Noureddine akan membuat Arema FC semakin kokoh di lini belakang.

Untuk lini depan, Arema FC masih akan tentu masih akan menggandalkan sosok Christian Gonzales. Penyerang 40 tahun sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya mencetak gol. Dia akan mendapatkan sokongan dari Adam Alis Setyano dan Esteban Vizcarra dari lini kedua.

”Laga perdana ini sangat istimewa. Lawan tim Persib yang juara bertahan liga sebelumnya. Persib juga memiliki dua pemain kelas dunia, jika pemain itu ditampilkan saya lebih senang,” kata Aji Santoso, pelatih Arema.

Dari catatan, Arema memang lebih mentereng dalam perjalanan pramusim dari Hariono dkk. Namun bagi mantan pelatih Persela Lamongan itu bukan menjadi patokan bisa mengalahkan Maung Bandung.

”Hasil itu bukan patokan, tapi kita sudah sangat siap melawan Persib. Pertandingan away ini paling tidak saya targetkan minimal satu angka, tapi kalau ada peluang menang kenapa tidak kita manfaatkan,” tegasnya.  (pra/rie)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here