Jade Catat Rekor Dunia

BANDUNG — Ribuan kepala desa dan lurah se-Jawa Barat berkumpul di Lapang Jababeka, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Senin (11-12). Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyebut, Jambore Desa (Jade) yang digelar dua hari ini diklaim sebagai kegiatan pertama kali di Indonesia dan dunia.
Deddy menegaskan, Jade dihadiri sebanyak 5.312 kepala desa dan 645 lurah se-Jawa Barat. Serta melibatkan 250 tenaga ahli dan pendamping desa. Belum ada di belahan dunia mana pun yang menggelar kegiatan dengan mengumpulkan para kepala desa dan lurah dalam satu acara. “Jambore Desa ini kali pertama digelar di Indonesia. Bahkan di dunia,” kata Deddy.
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pun merasa gembira danbahagia dengan kehadiran para kades dan lurah. Ia menyebut, Jade adalah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Jawa Barat. Apalagi topik bahasan kegiatan terkait dengan pembangunan desa. “Hidup kades. Hidup lurah,” seru gubernur di hadapan para peserta jamboree.
Pria yang akrab disapa Aher ini mengungkapkan, pada dasarnya kemajuan suatu daerah terlihat dari hasil pembangunan di desa. Tren saat ini, kata Aher, negeri yang kaya raya merupakan negara yang mengawal dengan baik pengelolaan lahan daerahnya. Pengelolaan tersebut sudah dilakukan di berbagai negara. Salah satu yang berhasil yakni Sudan.
“Secara wilayah, Indonesia lebih baik dari Sudah. Hanya mereka berhasil meyakinkan dunia dengan pengelolaan lahan yang teliti. Di sana, tidak ada satu jengkal pun lahan yang tidak dikelola dengan baik,” kata dia.
Dampaknya, meski Sudan diembargo 21 tahun oleh Amerika, mereka hidup dengan aman dan nyaman, Tidak pernah kekurangan gandum, sayuran, daging, ikan, atau buah-buahan. Padahal, sebagai negara yang diembargo, putaran uang antarnegara berkurang. Begitu pun dengan pembangunan fisik yang tidak seberapa.
“Namun hebatnya masyarakatnya sangat makmur. Lebih hebatnya lagi, mereka dinyatakan sebagai negara dengan keamanan pangan paling tinggi,” tegasnya.
Aher mengungkapkan, sejumlah negara yang memiliki keamanan pangan tinggi dipastikan pengelolaan pedesaan dan pertaniannya dikelola dengan baik. Desa menjelma sangat hebat di beberapa negara kaya raya.

Tinggalkan Balasan