Jade Catat Rekor Dunia

Dari hasil penelusurannya juga, negeri yang memiliki indeks kebahagiaan tertinggi dunia, sebut saja Skandinafia, Denmark, Swedia, Finlandia, ternyata berhasil mengelola desanya menjadi desa yang maju. Basis kemajuannya, kata dia, sebagai negara yang paling memuliakan perkebunanan, kehutanan, pertanian.
“Mereka menyatakan sebagai negeri superpower agribisnis. Saya hanya membayangkan Jawa Barat menjadi superpower agribisnis,” ucapnya.
Aher menegaskan, Jawa Barat memiliki tingkat kesuburan tanah lebih tinggi dari Sudan dan Maroko. Maka dari itu, kades tidak boleh merasa keliru dalam mengelola desa. Sebab, saat ini desa sedang mencari jati diri. “Sumber kekayaan berasal dari desa,” tegasnya.
Sehingga, semua pihak sepakat menyatakan untuk mengelola negara ini pembangunannya harus “mencicil” dari pinggiran. Hal ini tentu sesuai dengan nawacita Presiden. Di desa, terdapat banyak potensi. Mulai dari perikanan, pertanian, kehutanan. Jika bisa dikelola dengan baik, dibarengi dengan SDM yang mumpuni, akan jadi desa pemasok pangan yang paling hebat.

Tinggalkan Balasan