Hanya Punya 6 Murid

jabarekspres.com, BANDUNG – Ketika ratusan sekolah dipadati siswa siswa baru dan para orangtua yang mengantar, pemandangan berbeda terjadi SMP IT Budi Luhur. Tak terlihat keramaian di sekitar sekolah yang berlokasi di Jalan Kebon Rumput, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah ini.

Di sekolah ini hanya menerima tujuh siswa di 2017. Dari ke tujuh siswa itu, hanya enam orang saja yang akhirnya tetap memutuskan untuk menjalani pendidikan.

Berdasarkan informasi, SMP IT Budi Luhur telah berdiri sejak 1976. Sebelumnya, sebelumnya sekolah ini merupakan sekolah swasta di bawah naungan yayasan Pambudi Luhur, dengan produk pendidikan berupa SD, SMP, SMA, dan Stikes Budi Luhur. Meski lengkap, nyatanya tidak serta merta membuat SMP IT Budi Luhur ini diminati. Malah seiring berjalannya waktu, semakin sedikit peminat yang mendaftar ke sekolah yang berada di lingkungan TNI ini.

Di hari pertama masuk sekolah, tampak semua siswa yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari kelas 7 berjumlah 6 orang, 15 siswa kelas 8 dan 15 siswa kelas 9 dan 10 orang guru berkumpul di lapang sekolah untuk melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kepala Sekolah SMP IT Budi Luhur Miftah Salahudin tetap mawas diri terhadap kondisi itu. Dia tetap menghadapi para siswa di hari pertama sekolah.

”Bisa dilihat sendiri, secara keseluruhan siswa di sekolah kami hanya 36 orang. Sekarang hanya halal bihalal, besok mungkin akan ada kegiatan lagi. Intinya hari ini adalah silaturahmi bersama siswa baru,” ujarnya saat ditemui usai pelaksanaan MPLS.

Miftah mengungkapkan, sebenarnya sempat ada wa­cana penutupan sekolah ter­sebut oleh pihak yayasan. Acuannya, ketiadaan peng­elola. Namun urung dilakukan hingga akhirnya Miftah Sala­hudin memangku jabatan sebagai kepala sekolah.

”Mungkin melihat sejarah­nya sebagai sekolah pertama yang dibangun yayasan. Akhir­nya dimandatkan kepada saya,” paparnya.

Dia mengaku optimistis SMP IT Budi Luhur akan berkembang menjadi pesaing bagi SMP berkonsep Islamic Terpadu (IT) yang ada di Kota Cimahi. Kini, pihaknya melakukan langkah nyata dengan berusaha terus mempromosikan dan menge­nalkan perubahan konsep sekolah dari sekolah biasa menjadi sekolah IT.

Tinggalkan Balasan