Bentengi Paham Radikal Dengan 4 Pilar

jabarekspres.com, MARGAHAYU – pemahaman agama yang bersifat radikal saat ini keberadaannya harus diwaspadai oleh semua pihak. Bahkan, masyarakat jangan sampai terpengaruh oleh pemahaman yang cenderung garis keras ini.

Anggota MPR RI, H. Dede Yusuf Macan Effendi mengatakan. Untuk membendung pemahaman tersebut perlu pembekalan kepada masyarakat mengenai 4 pilar wawasan kebangsaan. Sehiningga, dapat menanamkan rasa cinta tanah air dan jiwa kebangsaan.

“Kita harus terus menerus memberikan pemahaman 4 Pilar ini khususnya kepada Generasi muda,”jelas Dede ketika temui belum lama ini

Dirinya menilai, pemahaman 4 Pilar wawasan kebangsaan ini sangat penting. Sebab, dengan mempelajarinya masyarakat akan paham mengenai pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini dengan bersikap tolong menolong, saling menghormati dan menghargai.

Kondisi ini, lanjut dia dirasakan kurang dipahami oleh sebagian masyarakat khususnya generasi muda. Terlebih, saat ini arus globalisasi pengaruh dari luar sangat sulit dibendung.

“Kita lihat anak muda sekarang, lebih senang dengan berbagai budaya yang datang dari luar, nah ini yang harus dibendung,”kata dia.

Selain itu, masih lemahnya penghayatan dan pengamalan agama serta munculnya pemahaman terhadap ajaran agama yang keliru dan sempit berujung pada sifat fanatik terhadap adat dan budaya yang menjadi kulture bangsa ini. Bahkan, sering munculnya isu Sara diberbagai media menjadi permasalahan yang harus segera dibenahi bersama.

Untuk itu, dia berpesan dihadapan ratusan pelajar yang hadir agar pemahaman wawasan kebangsaan jangan sampai diabaikan begitu saja. Sebab, 4 Pilar nantinya akan berguna dan menjadi modal untuk membentengi pengaruh era globalisasi yang datangnya dari luar.

“Kita akan terus berupaya mensosialisasikan empat pilar kebangsaan, karena jangan banyak generasi muda kita tidak paham dasar dan pilar negaranya sendiri,”cetus Dede

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Balai Pendidikan dan Pengawasan Pendidikan Wilayah IV Bandung Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Drs. Dede Amar yang sangat mendukung penyelenggaraan sosialiasi 4 pilar dikalangan siswa-siswa menengah atas. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan