Antisipasi Bencana Banjir dan Longsor

jabarekspres.com, CIMAHI – Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna merasa prihatin dengan maraknya alih fungsi lahan terbuka hijau di Kota Cimahi, yang berimbas pada terjadinya bencana alam. Untuk itu, dia mengingatkan semua elemen masyarakat di Kota Cimahi agar peduli dan mempertahakan penghijauan. Salah satunya dengan menjaga dan melakukan penanaman pohon.

ACHMAD NUGRAHA/JABAR EKSPRES

KAMPUNG SIAGA: Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementrian Sosial Republik
menyematkan lencana Pembina Tagana ke Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana, Sabtu (18/11).

”Kita sudah menekankan ke setiap kelurahan, kalau mempertahakan lebih susah daripada menanam. Untuk itu, kita terus pompa dengan sosialisasi,” katanya disela-sela penanaman 3 ribu pohon di SMK Karya Bhakti Pusdikpal Jalan Poncol, Kota Cimahi, kemarin (21/11).

Dalam kesempatan penanaman itu, Ajay bersama Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana secara simbolis melaksanakan penanaman berbagai jenis pohon. Total keseluruhan, ada 3 ribu pohon yang akan ditanam di seluruh Kota Cimahi.

Menurut Ajay, terjadinya banjir dan longsor membuktikan adanya kerusakan lingkungan yang dialami. Guna mengatasi masalah tersebut, Pemkot Cimahi telah meluncurkan berbagai program perbaikan lingkungan. Selain untuk mengendalikan longsor dan banjir, penanaman pohon dapat menyediakan sumber air bersih di musim kemarau.

”Gerakan konservasi tanah dan air selain melalui gerakan penanaman pohon bisa juga dengan  pembuatan embung, sumur resapan dan biopori,” ujar Ajay.

Hal ini penting sebut dia, agar air hujan di sekitar kita dapat meresap ke bumi, sehingga tidak mengalir deras menjadi air permukaan yang seringkali menyebabkan banjir, erosi dan tanah longsor. Penanaman pohon disertai konservasi tanah, dan air sebagai sinergitas pengelolaan air vertikal, akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

”Karena tanah yang subur, dan air yang berkecukupan tidak saja baik untuk pertumbuhan pohon, tetapi juga untuk ketahanan pangan dan ketersediaan air bersih,” ujar Ajay.

Dikatakan Ajay, penanaman pohom ini merupakan salah satu komitmen Kota Cimahi untuk melestarikan lingkungan hidup di Kota Cimahi. “Cimahi akan berkomitmen untuk menjaga agar lebih baik dengan cara penanaman pohon,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan