Akselerasi Wisata Perlu Kolaborasi

jabarekspres.com, SUMEDANG – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Sumedang, tengah melakukan akselerasi pembangunan di bidang pariwisata. Untuk itu dalam upaya pengembangan potensi wisata sejarah dan alam, perlu melibatkan masyarakat yang ada di daerah tersebut.

“Kita memiliki banyak objek wisata unggulan seperti wisata alam maupun budaya. Ini memerlukan keikutsertaan masyarakat dan swasta untuk membenahi dan pelestarian wisata tersebut,” kata Kepala Disbudparpora Sumedang Agus Sukandar saat dikonfirmasi, Kamis (27/7).

Menurutnya, sentuhan tangan dari pihak swasta dan masyarakat dalam pengembangan serta pengelolaan obyek untuk daya tarik wisata sangat diperlukan. Tentunya upaya memperindah dan pemeliharaan berbagai potensi objek wisata Sumedang di masa mendatang. “Masyarakat perlu diajak bekerjasama untuk menjaga, memelihara dan melestarikan objek dan daya tarik wisata daerah ini. Keterlibatan masyarakat akan membawa dampak positif, terutama untuk menambah pendapatan mereka,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah pernah membenahi dan mengembangkan pariwisata alam yang nantinya menjadi salah satu kawasan wisata unggulan yang banyak dikunjungi wisatawan domestik dan luar daerah. “Pemerintah punya target dalam pengembangan sektor pariwisata diantaranya mengembangkan objek dan daya tarik wisata alam di samping Jatigede yang tidak tertutup kemungkinan bisa menarik perhatian wisatawan,” ucapnya.

Dia mengatakan, objek wisata alam mencakup wisata hutan, sungai dan wisata danau. Itu semua akan dikembangkan lebih baik dan menarik dikunjungi wisatawan karena disediakan tempat istirahat yang nyaman bersama keluarga. “Potensi pariwisata kita luar biasa. Kami yakin dapat terwujud manakala semua elemen bekerjasama dan sinergi. Semangat dan optimisme yang kuat untuk membangun kota ini merupakan modal utama yang harus digelorakan,” tukasnya. (her)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan