Uji Coba Mesin Baru, Dua Karyawan Malah Tewas

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Dua orang karyawan PT Asia Shoes tewas serta enam lainnya luka-luka setelah terjadi kecelakaan kerja di pabriknya di Jalan Kavling Industri  Kelurahan Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, kemarin (5/8). Pemicunya, oven mesin sepatu meledak saat dilakukan uji coba.

Kasubbag Humas Polrestabes Bandung Kompol Reny Marthaliana mengungkapkan, kejadian tersebut berawal dari seorang karyawan bagian teknisi CV Bhakti Utama Bandung yang bernama Apandi malakukan uji coba mesin oven sepatu baru. Saat itu, Apandi berusaha menghidupkan mesin dikarenakan kunci penutup oven sepatu tersebut tidak dalam posisi sempurna.

Di bagian lain, korban langsung mengalirkan angin di kompresor dengan tekanan tinggi. Karena tidak tertutup sempurna, tekanan dari kompresor itu kemudian mendorong tutup oven. Praktis, tutup oven tersebut kemudian terlempar dan mengenai para karyawan PT Asia Shoes yang sedang bekerja membuat sepatu.

”Menurut informasi dari saksi, pada saat kejadian saksi mendengar suara ledakan dan melihat tutup open sepatu melayang ke arah karyawan yang sedang bekerja,” kata Reny kemarin (5/8) malam.

Reny mengungkapkan, korban meninggal dunia berjumlah dua orang. Mereka di antaranya, Nendah, 40, dan Endang, 36. Sedangkan, korban luka-luka berjumlah enam. Antara lain Jejen Sujana, 34, Intan Sari, 24, Eros Rosliana, 38, Nida, 18, Sukarsih, 30, dan Ririn, 20.

Setelah mendengar suara ledakan, lanjut Reny, para karyawan lain keluar dari ruangan produksi. Karyawan yang selamat dalam insiden tersebut kemudian membantu para korban dan melarikannya ke rumah sakit Rajawali Bandung.

Reny menjelaskan, pihaknya telah meminta penjelasan pada pemilik PT Asia Shoes, yaitu S, 67. ”Kami masih melakukan pemeriksaan. Termasuk mengidentifikasi kejadian ini murni kecelakaan kerja atau memang ada unsur kelalaian,” pungkasnya. (yul/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan