Terganggu dengan Seragam yang Mirip

bandungekspres.co.id– Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama Dwi Badarmanto merasa terganggu dengan banyaknya instansi atau lembaga yang memakai seragam serupa dengan TNI AU. Menurutnya, seragam yang dikenakan, merupakan identitas dan kebanggaan anggota TNI AU. Saat ini, seragam yang terbukti mirip dengan TNI AU yakni seragam yang digunakan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Kementerian Perhubungan.

’’Seragam yang kami pakai ini kebanggaan TNI AU. Tapi, dipakai kemana-mana dan dimana-mana,” sesal Dwi Badarmanto usai menghadiri acara serah terima jabatan Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara di Lembang, kemarin.

Dengan adanya lembaga lain yang menggunakan seragam hampir sama dengan TNI AU, khawatir bakal disalahgunakan untuk berbuat jahat di tengah masyarakat. Sehingga, orang akan mengira dilakukan oleh prajurit TNI AU. ’’Misalkan lembaga tersebut yang memakai baju mirip TNI ini berbuat jahat. Masyarakat mengira dari prajurit TNI AU, padahal bukan, itu kekhawatiran kami,” ujarnya.

Dirinya berharap, lembaga yang telah menggunakan seragam mirip dengan TNI AU ini untuk diatur terlebih dahulu, sehingga tidak ada kesamaan pada seragam yang dipakai. Warna dan model baju TNI AU ini sudah menjadi identitas tersendiri yang seharusnya tidak ada lagi yang mengikuti seragam TNI AU. ’’Ini inisiatif saya sendiri yang merasa keberatan dengan kesamaan dengan seragam TNI AU. Saya tulis lewat artikel di media. Ternyata, respon melalui media sosial juga banyak yang mendukung agar seragam TNI AU ini menjadi identitas tersendiri dan jangan ada yang sama,’’ ungkapnya.

Pada acara tersebut juga Kadispenau menghadiri upacara serah terima jabatan Komandan Skolah Staf dan Komando Angkatan Udara (seskoau) dari pejabat lama Marsekal Muda (Marsda) TNI Anang Murdianto kepada pejabat baru Marsda TNI A. Dwi Putranto dan bertindak selaku inspektur upacara, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna. Selanjutnya, Marsda TNI Anang akan menduduki posisi baru sebagai Irjenau Mabesau Cilangkap Jakarta. Sedangkan Marsda TNI A. Dwi Putranto yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I (Pangkoopsau I) beralih tugas sebagai Komandan Seskoau berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1074/XII/2015. ’’Pergantian ini merupakan generasi selanjutnya untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik,’’ kata Kadispen.

Tinggalkan Balasan