Rotasi Pejabat Eselon II Dilakukan Bulan Ini

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Maman S. Sunjaya menegaskan, pada bulan Juni ini akan dilakukan rotasi jabatan eselon II (kepada dinas) di lingkungan Pemkab Bandung Barat. Rotasi ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi kinerja selama menjabat di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD). ’’Sesuai dengan keinginan pak bupati rencananya rotasi akan dilakukan di bulan Juni ini. Rotasi ini berdasarkan dari hasil evaluasi kinerja para kepala SKPD yang nantinya akan dinilai langsung oleh pimpinan (bupati),” kata Maman saat dijumpai di Ngamprah, kemarin.

Menurutnya, selain melihat hasil evaluasi kinerja kepala SKPD, rotasi ini juga dilakukan lantaran ada salah seorang kepala SKPD yang akan memasuki masa pensiun serta seorang lagi dari staf ahli. ’’Kebetulan tahun ini ada dua orang yang akan memasuki pensiun. Sehingga ada kekosongan jabatan yang harus diisi. Namun, sebelum diisi, kami akan lakukan rotasi dulu,” kata Maman yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

Selain melakukan rotasi di eselon II, pihaknya juga berencana akan melakukan rotasi di tingkat eselon III seperti para kepala bidang (kabid) yang akan memasuki pensiun dan salah seorang camat. ’’Dalam rotasi kali ini juga ada yang dipromosikan untuk menduduki kekosongan pada jabatan kabid dan camat. Tahun ini ada lima kabid yang pensiun dan salah seorang camat yang pensiun juga,” ujarnya.

Dikatakan Maman, tahun depan yang memasuki masa pensiun akan lebih banyak dibandingkan dengan tahun ini. Tercatat ada tiga orang pejabat yang akan memasuki masa pensiun di tahun depan. Sehingga di tahun depan juga akan mengalami kekosongan jabatan yang harus diisi oleh orang baru. Maman menambahkan, rotasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dari masing-masing skpd dan mampu mencapai seluruh target program kerja setiap tahunnya. ’’Tujuannya bagaimana dengan rotasi ini bisa meningkatkan kinerja yang jauh lebih baik. Kalau bisa program kerja yang sudah disusun bisa tercapai sesuai target,” tegasnya.

Seperti diketahui, rotasi terakhir kali dilakukan pada akhir 2015 lalu. Sejumlah pejabat struktural mengalami pergesaran di posisi jabatan yang baru. Pejabat yang dilantik langsung oleh Bupati Bandung Barat Abubakar tersebut sebagian besar dari lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (disdikpora) sebanyak 131 orang terdiri dari  116 kepala sekolah SD,  10 kepala SMP,  dan 5 orang kepala SMA,  ditambah 7 pengawas sekolah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan