Perbaikan Jalan Baru Mencapai 30 Km

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Cimahi mengaku pada 2016 baru mampu memperbaiki jalan yang ada di Kota Cimahi sekitar 30 Kilometer dari total150 Kilometer Jalan Kota. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Kota Cimahi, Ainul Yakin.

Dirinya mengatakan, dari total 105 km jalan milik Kota Cimahi, tahun ini yang baru bisa diperbaiki baru sekitar 30 km dengan total anggaran sekitar Rp 29 miliar. ”Yang diperbaiki itu sekitar 30 km jalan yang merupakan milik Kota Cimahi. Desember itu harus beres, wajib hukumnya,” kata dia, kemarin.

Dikatakan Ainul, ada beberapa titik jalan di Kota Cimahi yang sudah seharusnya diperbaiki. Jalan yang kini tengah diperbaiki dantaranya, Jalan sekitar Cihanjuang, sekitar Lapang Tembak Padasuka, Jalan Maharmartanegara, Melong Asih, Jalan Industri, Jalan Kerkof, Jalan Sadarmanah, Pondok Dustira, Jalan Mintarja, Jalan Veteran, Puri Cipageran dan Jalan Unjani. Namun perbaiakn jalan tersebut tidak semuanya dilakukan dengan dibeton ada juga yang dihotmik.

Dijelaskan dia, betonisasi dilakukan terhadap jalan yang kerap dilanda banjir. Pasalnya, dengan menggunakan beton, jalan akan lebih kuat. Jika di titik banjir di lakukan dengan hotmik, jalan tersebut cepat rusak. Begitupun pengerjaan jalan yang dilakukan saat musim hujan. Ia menegaskan, jika intensitas hujannya kecil, tidak menjadi persoalan,namun sebaliknya, jika intensitas hujan yang turun besar akan menghambat perbaikan jalan. ”Pengerjaannya dilakukan saat  hujan  masih bisa asal gak terlalu besar. Kalau beton, hujan gede, kualitasnya berkurang,” jelasnya.

Perihal kemacetan yang kerap terjadi saat pengerjaan jalan, ia meminta agar seluruh masyarakat, khususnya para pengendara bisa memakluminya. Sebab hal ini dilakukan demi kepentingan umum. Untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi, sebelum pengerjaan sudah memberitahukan lewat surat kepada kepolisian dan Dinas Perhubungan Kota Cimahi. ”Ada petugas kepolisian yang mengatur lalu lintas di sekitar area jalan yang diperbaiki,” pungkasnya. (bun/asp)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan