Membunuh Tim Hantu

Swansea City bukan tim bernama besar. Swansea juga tidak bertabur bintang dalam Premier League dua musim terakhir ini. Namun, klub berjuluk The Swans tersebut sudah menjelma seperti hantu yang sanggup menakut-nakuti Louis van Gaal dan Manchester United-nya.

Terbukti, sepanjang dia menangani Setan Merah sejak musim panas 2013-2014 silam, tidak sekalipun Van Gaal mampu mengalahkan hantu putih dari Wales itu. Dari tiga pertemuannya dengan Swansea, semuanya berakhir pahit dengan kekalahan identik 1-2.

Dua kali kekalahan terjadi pada musim lalu, dan sekali pada musim ini terjadi di pekan keempat 30 Agustus lalu. Swansea menjadi klub pertama yang mengalahkan United di Premier League musim ini. Dan, belum tertutup kemungkinan Swansea mencatat kemenangan keempatnya atas United.

Jika itu terjadi, maka Swansea bisa menjadi klub ketiga yang bisa mengalahkan United secara back to back baik laga home atau away dalam dua musim secara beruntun. Sebelumnya sudah ada Liverpool dan Manchester City yang pernah melakukannya.

Liverpool merengkuh empat kemenangan beruntun pada musim 2000-2001 dan 2001-2002. Sementara City mengikutinya pada musim 2012-2013 dan 2013-2014. ’’Swansea memang tim hantu bagi saya, tapi dari hantu ini kami ingin mengawali Tahun Baru untuk pecah telur,’’ ujar Van Gaal, sebagaimana dikutip dari The Guardian.

Van Gaal konfiden bisa balik menakut-nakuti hantu Swansea itu setelah melihat performa Ashley Williams dkk. Swansea yang akan datang ke Old Trafford bukanlah tim susah dikalahkan seperti sebelum tiga duel sebelumnya. Sebaliknya Swansea juga sedang sakit seperti United.

Lima laga di bulan Desember, hanya satu kemenangan didapatkan United. Empat lainnya berakhir dengan dua imbang dan dua kalah. Menurut Van Gaal, dirinya hanya perlu memoles komposisi yang sama seperti saat menahan imbang Chelsea tanpa gol di Manchester pada akhir tahun kemarin.

Terutama dari agresivitas pemainnya. Total 12 shots ke gawang Thibaut Courtois lalu menjadi yang terbanyak sebulan terakhir. Rata-rata sepanjang bulan Desember hanya 11 shots dilakukan penggawa United. ’’ Kami hanya perlu kreatif dan mengambil peluang sekecil apapun,’’ ucapnya.

Tinggalkan Balasan