Manfaatkan Bantuan Program Keluarga Harapan

Tiap Minggu, Buka Pusat Jajanan Serba Ada

Para penerima dana bantuan PKH (Program Keluarga Harapan) di RW 05 Kelurahan Panyingkiran Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya membentuk Kelompok Usaha Harapan. Bahkan, mereka membuka Pujasera (Pusat Jajanan Serba Ada) setiap Minggu pagi di wilayahnya.

Lisnawati, Indihiang

Anggota yang terlibat dalam kegiatan ini yakni 25 ibu rumah tangga yang masuk kategori RTSM (rumah tangga sangat miskin). Mereka berjualan aneka produk kreatif di area Pujasera mulai pukul 06.00-09.00. “Kelompok usaha ini dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat,” ungkap Koordinator UP PKH Kota Tasikmalaya Dandan Haryono SSos kepada Radar, kemarin.

Para anggota kelompok usaha ini berjualan aneka makanan dari mulai makanan berat sampai makanan ringan seperti bakwan sawi, gehu pedas, jamur kripsi dan lain-lain. “Kelompok usaha ini sudah terbentuk di 3 kecamatan yakni Mangkubumi, Kawalu dan Indihiang,” jelasnya.

Dia mengatakan melalui kelompok usaha harapan, setiap keluarga miskin dapat saling berbagi pengalaman dan saling memberi solusi atas masalah yang dihadapi.

Selain itu, keberadaan kelompok usaha di tengah-tengah masyarakat ini akan menjadi sarana meningkatkan pendapatan serta pengembangan diri. Kegiatan ini bisa juga menjadi media meningkatkan motivasi warga miskin untuk lebih maju secara ekonomi dan sosial.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan berpikir para anggota karena mereka dituntut memiliki kemampuan manajerial untuk mengelola usaha yang sedang dijalankan,” terangnya. (na/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan