Jadikan Skywalk Ikon Bandung

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung berupaya terus mendorong menyelesaikan pembangunan Skywalk di Cihampelas. Hal ini dilakukan untuk memperindah dan menata Cihampelas sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Bandung.

Untuk diketahui, Kota Bandung menjadi salah satu daerah tujuan pariwisata di Indonesia. Kota berjuluk Kota Kembang tersebut menjadi salah satu destinasi wisatawan domestik maupun asing.

Kepala Bidang Perencanaan DBMP Kota Bandung Lisa Surya Lestari mengungkapkan, DBMP optimistis proyek Skywalk bisa rampung pada Desember  mendatang.

”Skywalk sudah dimulai dengan pelaksanaan pengerjaan design dan built. Bulan ini (September, Red) sudah pengadaan menjelang kontrak,” kata Lisa, di Balaikota Pemkot Bandung, kemarin (1/9).

Menurut dia, Skywalk merupakan sarana pedestrian bagi pejalan kaki yang berada diatas jalan utama untuk kendaraan. ”Sebenarnya fungsinya sama dengan trotoar. Tapi, Skywalk berada di atas jalan kendaraan. Sehingga wisatawan yang berjalan kaki bisa berbelanja dan melancong tanpa harus mengganggu lalu lintas,” jelas Lisa.

Meski hanya konsep, kata dia, Skywalk merupakan salah satu buah pikiran Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam mempercantik Kota Bandung. ”Konsepnya memang langsung dari wali kota. Tapi, teknis desain dan implementasi oleh desainer. Skywalk ini pertama di Indonesia dan kita akan yang memeloporinya,” ujar Lisa.

Menyoal nilai pekerjaan, Lisa mengatakan, seluruhnya murni dari Anggaran Perencanaan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bandung. Skywalk, sambung Lisa, mungkin akan menjadi ikon di Kota Bandung bahkan di Indonesia.

”Total nilai proyek Rp 45 miliar, dengan panjang jalan 500 meter dan tinggi 5,6 meter di atas jalan utama. Sedang untuk lebar mungkin akan lebih lebar sedikit atau sama dengan jalan raya di bawahnya,” pungkas Lisa

Untuk diketahui, di 2016, Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung saat ini bertanggung jawab atas pembenahan trotoar dan pedestrian. (edy/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan