Fase Mudah Bagi Die Borussen

VfB Stuttgart 1 vs 3 Borussia Dortmund

Sebagai tim yang menapak ke final DFB Pokal dua musim beruntun, fase perempat final yang berlangsung dini hari kemarin (10/2) masihlah bersahabat bagi Borussia Dortmund.

Mereka menekuk VfB Stuttgart di kandangnya sendiri, Mercedez-Benz Arena, dengan skor 3-1.

Marco Reus membuka pesta Dortmund lewat sontekannya di menit kelima dengan memanfaatkan crossing Pierre-Emerick Aubameyang.

Namun, tuan rumah mampu menyamakan skor 16 menit kemudian dari tendangan jarak jauh Lukas Rupp. Dortmund sendiri akhirnya mengunci tiket ke semifinal dari gol Aubameyang (31’), dan Henrikh Mkhitaryan pada babak injury time.

Bagi Aubameyang, dia tidak hanya semakin produktif, namun efektivitas serangannya juga semakin meningkat sejak didatangkan dari Saint-Etienne 2013 lalu.

Musim ini, bomber yang akrab disapa Auba itu telah mencetak 30 gol dari 31 penampilan di semua ajang, atau 0,97 gol per laga.

Selain itu, striker timnas Gabon berusia 26 tahun itu juga mencatatkan rekor Dortmund sebagai pemain yang mencetak gol secara beruntun dalam enam pertandingan Pokal sejak Auba bergabung.

”Sangat menyenangkan bermain bersama Auba,” puji Reus seperti dilansir AFP. ”Dia tahu bagaimana menyambar peluang dan dia sudah bekerja keras dalam hal finishing beberapa hari ini,” jelas winger yang kolaborasinya dengan Auba sudah menghasilkan 41 gol di semua kompetisi.

Di sisi lain, der Trainer Dortmund, Thomas Tuchel, walaupun senang dengan keberhasilan Dortmund menapak ke semifinal, masih merasa tidak puas dengan performa pasukannya. ”Terutama di babak pertama,” kritik Tuchel seusai pertandingan seperti dilansir situs resmi klub.

Tuchel mengatakan, para pemain terlalu banyak membuang peluang yang sebenarnya bisa memastikan kemenangan Dortmund lebih dini. ”Bagaimanapun, ini adalah laga yang benar-benar hebat. Aku senang karena setidaknya beberapa strategi kami bisa berjalan dengan baik,” papar Tuchel.

Pelatih yang mencatat statistik kemenangan 73,53 persen bersama Dortmund itu berujar kini fokusnya adalah memelihara recovery anak asuhnya.

Sebab, selama sepekan lebih ke depan, Der BVB, sebutan lain Dortmund, sudah ditunggu tiga agenda laga yang cukup berat. Setelah menjamu Hannover 96 pada spieltag Bundesliga ke-21 Sabtu nanti, Dortmund harus mempersiapkan diri pada babak 32 Besar Europa League kontra FC Porto 18 Februari mendatang, sebelum menantang Bayer Leverkusen di BayArena tiga hari kemudian.

Tinggalkan Balasan