Dayung Jabar Rebut Dua Emas

bandungekspres.co.id – ATLET Dayung Jawa Barat Chandra Destia Nugraha berhasil mengalahkan atlet Banten Arifal dalam kelas kayak 1  (K-1) slalom pada PON XIX/2016 Jawa Barat kemarin. Arifal menyerah di perempatfinal pada lomba di Venue Dayung Situ Cipule, Kampung Cipule, Desa Mulyasari, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang.

Chandra Destia Nugraha sendiri akhirnya berhasil keluar sebagai juara. Dia merebut emas pertama dari cabang olahraga Dayung buat Jawa Barat. Chandra meraih emas setelah mengalahkan pedayung Sumatera Barat, Noprion  yang harus puas hanya mendapat medali perak. Sementara medali perunggu, diraih atlet Riau, Nopriadi.

Chandra mengaku sangat bersukur dapat merebut prestasi terbaik. ”Saya sangat bersyukur bisa meraih emas karena semua lawan sangatlah kuat, hanya beda-beda tipis. Saya harap kedepan saya bisa lebih baik lagi pada Asian Games misalnya,” ujar Chandra di lokasi.

Menurut Chandra, kebiasaannya berlatih  di Situ Cileunca 2 yang berada di dataran tinggi  mempermudah dalam pertandingan ini. ”Jadi lebih ringan saja dalam bernapas, kalau di Situ Cileunca kan, oksigennya sedikit, disini banyak, jadi justru lebih berat latihan,” ujar Chandra yang kebetulan warga di Situ Cileunca, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Sementara, di nomor kayak slalom putri kontingen Jawa Barat gagal meraih emas dan  harus puas mendapatkan medali perak yang disumbangkan Nurmeni. Faktor non teknis menyebabkan Nurmeni, 23, warga Kota Bekasi gagal meraih emas tersebut, karena sempat terpelanting saat melakukan start dan salah memutar pada salah satu hambatan slalom.

Meski kecepatan Nurmeni masih lebih baik daripada peraih emas, yaitu Sumita Kurnia dari kontingen Jambi, Sementara atlet asal Kaltim, Orva Yulia mendapatkan medali perunggu.

Ketua KONI Banten Rumiah Kartoredjo mengungkapkan walau medali di nomor Slalom terlepas, namun olahraga tersebut masih berpotensi menyumbangkan medali. Atlet dayung andalan Banten Since Litasova masih akan turun di nomor K-1 200 meter dan 500 meter.

”Arifal itu kan atlet baru. Masih muda. Kalau dia sudah menembus perempatfinal berarti sudah cukup bagus. Sementara di olahraga Dayung, kita memang mengandalkan Since untuk meraih medali,” pungkas Rumiah kemarin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan