Ciletuh Geopark Menuju Standar Dunia

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Pemerintah provinsi Jawa Barat menargetkan, kawasan wisata Geopark Ciletuh, Pelabuhan Ratu, Sukabumi masuk dalam UNESCO Global Geopark pada 2017 mendatang.

Keyakinan pemerintah setempat makin memuncak setelah setahun sebelumnya, Geopark ini ditetapkan menjadi Geopark Nasional pada 2015 lalu.

”Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu diharapkan meraih sukses besar menjadi destinasi wisata dunia,” tutur Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat, Ida Hernida dalam sambutan pembukaan Festival Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu di Pantai Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/8).

Dalam mewujudkan hal tersebut, pihak Disparbud Jabar tengah melakukan berbagai macam kegiatan seperti pelatihan Tour Guide, pelatihan sadar wisata, pelatihan seni budaya, eksperimen seni budaya, homestay, media promosi, pembuatan logo, serta website Ciletuh.

”Maksud dari kegiatan ini mensosialisakian program menuju wisata UNESCO Global Geopark dan mengeksplorasi budaya di lingkungan sekitar Ciletuh Geopark,” paparnya.

Selain itu, kata dia, dalam festival tersebut pihaknya juga akan melakukan bakti lingkungan dengan menanam mangrove, membersihkan laut, serta memasarkan produk-produk asli masyarakat.”Pasca even kita akan melakukan aksi bersih pantai,” jelas dia.

Lebih jauh, melalui festival yang digelar dari 27-28 Agustus ini, pihaknya memiliki dua tujuan. Pertama menjadikan Geopark Ciletuh sebagai ikon Unesco Global Geopark yang merupakan lanjutan geopark nasi‎onal pada 22 Desember 2015 lalu. Yang kedua, Geopark Ciletuh sukses menjadi destinasi wisata dunia.

Untuk diketahui, Geopark Ciletuh adalah sebuah kawasan dengan keindahan alam menajubkan. Gugusan karst bebatuan purba yang langsung berhadapan dengan Samudra Hindia tersusun sangat teratur seperti amfitheater raksasa.

Di Kawasan Geopark boleh dibilang sangat komplit bahkan wisatawan akan disuguhkan mulai dari hamparan pemandangan sangat menakjubkan, mulai dari air terjun (curug), batuan purba, sungai, sawah dan gugusan pegunungan dan luasnya lautan.

Dibandingkan dengan Pelabuhan Ratu dan Pantai Ujung Genteng kawasan ini memang belum cukup dikenal. Namun sebagai gambaran kawasan ini merupakan bebatuan raksasa yang membentuk setengah melingkar seperti tapal kuda.

Terletak berdampingan dengan pantai Pelabuhan Ratu kabupaten Sukabumi, Geopark Ciletuh di kecamatan Ciemas ini bisa ditempuh melalu perjalan darat dari Kota Bandung sejauh 207 kilometer (km) dan 180 km dari ibukota Jakarta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan