Ciletuh Geopark Menuju Standar Dunia

Seiring dengan pembenahan dan perbaikan Infrastruktur, saat ini jarak tempuh ke Pantai Palangpang tempat Geopark Ciletuh ini bisa ditempuh 5 jam perjalanan dari Kota Bandung melalu jalur Kota Sukabumi. ”Untuk Infrastrukturnya kita akan genjot pada tahun ini akan kita alokasikan,” jelas wakil Gubernur Deddy Mizwar.

Menurut dia, pembenahan infrastruktur bukan tanpa alasan. Sebab pria yang juga sebagai artis senior ini bertekad mendorong Geopark Ciletuh agar disejajarkan dengan Geopark lainnya di dunia.

”Nanti kalau sudah resmi terdaftar, Geopark Ciletuh akan ada di list Global Geopark Network (GGN) Unesco pada 2017 nanti dan sejajar dengan Geopark-Geopark lainnya di dunia,” ucap Deddy.

Untuk mewujudkannya itu lanjut dia salah satu persyaratan mutlak adalah pembenahan Infrastruktur jalan raya sebagai jalur akses masuk tengah dilakukan. Di antarannya pembangunan jalan raya dengan alokasi anggara sampai Rp 200 miliar.

Deddy menuturkan, beberapa perbaikan jalan menuju kawasan Ciletuh ini sedang dilakukan. Bahkan untuk jangka panjang pihaknya akan membangun Bandara Citarate dan akses jalan Tol yang menyambung sampai Palabuhan Ratu.

Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat HM Guntoro menyebutkan, untuk pembangunan infrastruktur jalan raya ini sudah mencapai 35 kilometer dengan lebar jalan 3-5 meter. Dengan estimasi anggaran yang sudah dikeluarkan mencapai Rp 90 miliar. ”Jadi total jarak tempuh kalau dari Bandung bisa mencapai 5 sampai 6 jam,” ucap dia. (yan/gun/mam/JPG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan