Satu Poin Pembuat Lega

Bayern Muenchen 1, Schalke 1

KALAU Pep Guardiola langsung berlari dan menyalami asisten wasit Markus Haecker begitu Arjen Robben sukses merobek gawang Schalke 04 dengan sundulan pada menit ke-67 kemarin dini hari WIB, itu tidak dimaksudkan sebagai olok-olok. Meski, beberapa menit sebelumnya, eks pelatih Barcelona itu memprotes keputusan Haecker yang menganulir gol Robert Lewandowski.

Selebrasi tak lazim Guardiola tersebut lebih karena memang dia sangat lega setelah tim asuhannya yang bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-17 berhasil unggul. Kelegaan itu bahkan tak pudar setelah laga di Stadion Allianz Arena, Muenchen, tersebut harus berakhir 1-1 menyusul gol balasan tim tamu oleh Benedikt Hoewedes pada menit ke-72, juga melalui sundulan.

’’Saya bukan saja gembira, tapi sangat-sangat gembira,’’ kata Guardiola kepada Sky Deutschland, seperti dikutip The Independent.

’’Tentu saja kami menginginkan tiga angka, tapi bermain 70 menit dengan 10 pemain melawan Schalke tidaklah mudah,’’ tuturnya.

Oktober tahun lalu, Guardiola hampir terkena sanksi larangan mendampingi tim di pinggir lapangan karena dianggap melakukan tindakan tak patut saat melakukan protes dengan menyentuh Bibiana Steinhaus, wasit perempuan yang bertugas sebagai ofisial keempat. Tapi, pelatih yang membawa Barcelona dua kali juara Liga Champions itu tak terlihat trauma saat mengulanginya kepada Haecker kemarin dini hari WIB.

Kegembiraan Guardiola semakin lengkap karena di laga lain, tim peringkat kedua Wolfsburg yang Jumat malam lalu (30/1) menundukkan tim asuhannya 4-1 ditahan imbang 1-1 tuan rumah Eintracht Frankfurt. Jadilah keunggulan delapan poin Bayern yang berada di puncak klasemen sementara Bundesliga bertahan.

’’Kami mengontrol pertandingan dengan baik dan punya cukup banyak peluang. Ini penampilan yang jauh lebih bagus ketimbang saat melawan Wolfsburg,’’ ujar Guardiola.

Bayern harus bermain dengan 10 pemain setelah Jerome Boateng menjatuhkan Sydney Sam di kotak penalti. Beruntung bagi tim tuan rumah, eksekusi Eric-Maxim Choupo berhasil digagalkan Manuel Neuer.

Tapi, penampilan Bayern malah lebih efektif dengan 10 pemain, terutama di babak kedua. Mereka tetap mencatat 59 persen penguasaan bola, angka yang termasuk impresif untuk tim dengan 10 pemain. Apalagi, Schalke bukan tim sembarangan. Skuad asuhan Roberto Di Matteo itu berada di posisi keempat.

Tinggalkan Balasan