Jaga Kondisi Fisik

[tie_list type=”minus”]Sasar Kekuatan Hingga 80 Persen[/tie_list]

PELATIH fisik Persib Bandung Yaya Sunarya mengabarkan bila para pemainnya saat ini sudah mengalami kenaikan kondisi fisik mencapai 70 persen. Staf pelatih berusaha untuk menjaga dan meningkatkan kondisi pemain dengan cara bertahap. Dikatakan pelatih jebolan FPOK UPI itu, dalam sesi latihan, kemarin (21/8), para pemain hanya diinstruksikan untuk mempertahankan kondisi.

latihan persib
Amri Rachman Dzulfikri/Bandung Ekspres

MAINKAN BOLA: Kapten Persib Bandung Atep Rizal saat melakukan latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, belum lama ini.

”Intensitas latihan tetap sama, hanya maintenance aja barusan. Setelah pulang dari Malang, kemudian kondisi pemain bisa dikatakan 70 persen. Kita coba pertahankan tapi tidak langsung ditingkatkan secara signifikan, hanya kita perlu sedikit menambah untuk power,” beber Yaya usai melatih.

Program latihan ke depan sebelum bertolak ke Sukabumi, pelatih hanya akan mempertahankan kondisi fisik pemain. Terutama menjaga kestabilan dan kecepatan para pemain. ”Sepulang dari Ciamis ada dua kali latihan, kita coba bikin lagi power untuk mempertahankan kondisi fisik pemain terutama untuk menjaga intensitas kecepatannya,” tambahnya.

Hingga kini, diakui Yaya para pemain belum dalam kondisi yang ideal untuk menghadapi turnamen nanti. Oleh sebab itu, pada latihan hari ini (22/8), pemain akan kembali dijejali menu latihan lebih ekstra. ”Makanya besok kita buat satu kali lagi high training untuk mempertahankannya (power) supaya reaksi pemain meningkat,” katanya.

Yaya pun menerangkan jelang Piala Presiden, pemain cukup mempertahankan kondisi di titik 80 persen kondisi fisik. Namun dalam beberapa aspek, termasuk daya ketahanan tubuh dan teknis seperti agility serta koordinasi, harus ditingkatkan lagi.

”Secara keseluruhan di Piala Presiden maksimal 80 tidak perlu lagi peningkatan. Di 80 persen ini saya cukup tidak akan ditingkatkan lagi. Tetapi untuk beberapa spesifikasi misalnya, reaksi, agility, koordinasi, itu yang saya perbanyak di satu minggu terakhir,” terangnya.

Senada dengan Yaya, Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman mengatakan, setelah melakoni pertandingan uji coba dengan PSGC Ciamis, skuat kembali meningkatkan kondisi fisiknya. Kali ini, tim pelatih lebih menekankan pada latihan anaerobic.

Tinggalkan Balasan