Imbau CJH Jaga Asupan Makanan

[tie_list type=”minus”]Darah Tinggi Masih Dominan[/tie_list]

BOGOR – Hasil pemeriksaan kesehatan Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Bogor yang hendak bertolak ke tanah suci tahun ini, masih didominasi penyakit hipertensi, darah tinggi dan kencing manis. Penyakit ini, banyak diderita oleh jemaah haji yang berusia lanjut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Rubaeah menyatakan, penyakit darah tinggi dan kencing manis masih mendominasi. Saat pemeriksaan tim kesehatan akan memberikan saran kepada CJH untuk terus mengontrol penyakitnya. ’’Ada 699 CJH yang berangkat tahun ini. Namun baru 681 jemaah yang kita periksa. 18 CJH lagi belum,’’ ujarnya kepada Radar Bogor (Grup Bandung Ekspres) kemarin.

Rubaeah menuturkan, pemeriksaan kesehatan CJH dilakukan dua tahap. Pemeriksaan pertama dilakukan pada Maret untuk memastika kondisi awal. ’’Tahap pertama jika ada indikasi sakit keras segera melakukan pengobatan yang lebih intensif,’’ terangnya.

Pada pemeriksaan kedua dilakukan pada pertengahan Juli, untuk memastikan kembali kondisi kesehatan CJH apakah sudah ada perubahan atau masih dalam kondisi sakit. Sebab, kategori jemaah yang tidak bisa berangkat selain perempuan hamil yaitu juga memiliki penyakit menular seperti TBC.

’’Kami lakukan pemeriksaan dahak, jika terjangkit bakteri tidak akan diizinkan untuk berangkat. Alhamdulillah sampai saat ini semunya lolos pemeriksaan,’’ bebernya

Pada pemeriksaan kesehatan kedua kata Rubaeah, para CJH sudah diberikan vaksin manginitis untuk mencegah infeksi radang otak yang bisa saja menyerang jamaah haji asal Indonesia lantaran sedang musim kemarau.

Dia berharap, CJH Kota Bogor selalu menerapkan hidup bersih dan sehat ketika berada ditanah suci. Serta menjaga asupan makanan dan gizi yang cukup saat menjalankan ibadah. ’’Bukan hanya sekdar fokus ibadah saja yang penting, tapi asupan makanan dan gizi yang cukup juga harus diperhatikan oleh masing-masing jamaah agar tetap dalam keadaan sehat,’’ ungkapnya.

Terpisah, Kepala Kemenag Kota Bogor Ansorullah, mengaku belum bisa memastikan jumlah calon jamaah haji asal Kota Bogor yang sudah lolos pemeriksaan kesehatan ditingkat wilayah. Sebab, CJH kembali akan diperiksa kesehatannya dengan proses lebih ketat di asrama embarkasi sebelum diberangkatkan. ’’Finalnya nanti di sana, yang menentukan lolos kesehatan atau tidaknya calon haji asal Bogor,’’ tandasnya. (hur/c/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan