Cimahi Wujudkan Kota Bersih dan Sehat

Adipura Momentum Revitalisasi Pembangunan Lingkungan Hidup

bandungekspres.co.id– Cimahi adalah kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Barat, secara geografis bentang alam Cimahi berupa daerah perbukitan yang cukup tinggi tingkat kemiringannya di sebelah utara, kawasan permukiman, perkantoran dan pusat bisnis yang padat di sebelah tengah hingga kawasan industry dan permukiman di sebelah selatan. Masyarakat Cimahi hidup dalam sebuah kondisi keberagaman yang amat semarak, dimana sebagian besar berada pada sektor perdagangan dan jasa serta sisanya, sebagai pegawai atau buruh baik pada institusi pemerintahan, militer maupun swasta.

Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengungkapkan, dalam hal program bidang lingkungan hidup, selama ini Pemkot Cimahi senantiasa berusaha untuk menciptakan kondisi kota yang bersih, sehat, asri dan terawat. Pemkot Cimahi juga selalu mendorong penerapan Perilaku Hidup yang Bersih dan Sehat (PHBS) pada semua tataran, baik perkantoran pemerintahan, swasta, institusi pendidikan dan juga instansi vertical lainnya. “Pemerintah Pusat sendiri memiliki program bernama Lomba Adipura, yang pada dasarnya merupakan stimulan kepada daerah agar menjadikan PHBS, kebersihan dan keindahan kota tidak sekedar sebuah keharusan, namun lebih sebagai behaviour (perilaku). Untuk itulah, sejak dulu Cimahi selalu ikut serta dalam Perlombaan Adipura ini, karena Cimahi adalah bagian internal dan tak terpisahkan dari Jawa Barat, dan juga bagian NKRI, sehingga harus senantiasa mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah (pusat),” terangnya, kemarin.

Dikatakan Attt, keikutsertaan dalam Program Adipura ini, diharapkan dapat mendorong kemampuan pemerintah kota untuk melaksanakan sistem pemerintahan yang baik di bidang lingkungan hidup (Tata Praja Lingkungan). Hal ini juga sesuai dengan visi yang diusung Cimahi yaitu, menuju kota ”C.E.R.D.A.S.”. Untuk mewujudkan visi tersebut, tentu diperlukan adanya penataan kota, dengan tetap memperhatikan kelestarian perkotaan yang berwawasan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan. Dalam mewujudkan Visi Kota Cimahi tersebut, tentu dibutuhkan kebersamaan, situasi yang kondusif, keadaan kota yang tertib, serta suasana yang nyaman, bersih, rapi dan indah.

Pada dasarnya, penghargaan Adipura diberikan kepada kota/kabupaten yang berkomitmen untuk menjaga dan memelihara lingkungannya dengan baik. Dalam sejarah keikutsertaannya, Kota Cimahi pernah mendapatkan penghargaan best effort pada tahun 2005, dan 4 kali mendapatkan penghargaan anugerah adipura pada periode tahun 2008 – 2009, 2009 – 2010, 2011 – 2012, dan 2012-2013.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan