BIAF Jadi Ikon Cimahi

[tie_list type=”minus”]Genjot Sumberdaya Manusia Lewat Animasi[/tie_list]

CIMAHI – Salah satu langkah nyata Pemkot Cimahi dalam mewujudkan Cimahi sebagai sentra pengembangan industri animasi di Indonesia, pada 7 sampai dengan 10 Oktober, akan digelar Baros International Animasi Festical (BIAF) 2015. Sebuah ajang Festival animasi berskala internasional bertempat di Area Simply Valore Hotel Jalan Baros Kota Cimahi.
Kepala Kantor Penanaman Modal Kota Cimahi Untung Undiyanto mengatakan, BIAF 2015 adalah festival internasional ketiga. Di mana para stakeholder di bidang animasi akan lebih banyak berpartisipasi. Mereka di antaranya para kreator animasi, komik, games, para publisher, agensi, lembaga pendidikan, para pengajar dan tentunya para penikmat animasi, komik dan games tersebut.
”BIAF ini merupakan Ikon Kota Cimahi, kegiatannya diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Cimahi bekerjasama dengan Cimahi Creative Association serta Baros Creative Partner sebagai penyelenggara,” kata Untung.
Dipilihnya animasi sebagai salah satu pengembangan ekonomi, kata Untung, disebabkan Cimahi memiliki keterbatasan Sumber Daya Alam (SDA). Namun kaya akan Sumber Daya Manusia (SDM). ”Nantinya, kami akan bermitra dengan CCA dengan merancang program-program, peningkatan SDM melalui pelatihan, pengembangan komunitas animasi melalui sosialisasi, pengembangan startup companiesdi bidang animasi,” paparnya.
Pemkot Cimahi berharap, BIAF Bisa dijadikan sebagai media untuk membawa industri animasi ke tingkat global, dan menjadi Destinasi wisata kreatif di kota Cimahi. Dalam BIAF ketiga ini para animator kelas dunia akan hadir untuk memberikan pengalaman berharga secara langsung bagaimana menjadi seorang animator profesional dengan begitu dapat meningkatkan skill, produktivitas dan etos kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan bisnis dan industri animasi lokal maupun nasional yang dalam jangka panjang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
Juga membuka peluang untuk bekerjasama dalam bentuk IP development, co production, animation service dengan para animator yang sudah layak.
Sementara, Ketua Cimahi Creative Association Rudy Suteja mengatakan, BIAF memiliki 5 program unggulan, yaitu Festival yang berjudul BIAF SHORT ANIMATED FILM AWARD 2015, yaitu festival film animasi pendek yang dapat diikuti oleh semua orang dari negara manapun dan umur berapa pun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan