Universitas Pendidikan Indonesia Gelar Dies Natalis ke-70, Semakin Berkarya dan Mendunia

JABAR EKSPRES – Dalam empat tahun terakhir, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) memperlihatkan capaian besar dalam banyak hal. Capaian ini mencerminkan transformasi cepat dan dedikasi tanpa henti dari semua sivitas akademik UPI untuk mencapai visi sebagai mercusuar pembelajaran dan penelitian.

Kemajuan UPI sebagai suatu universitas, diukur berdasarkan delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang ditetapkan oleh Kepmendikbud No. 3/M/2021. Indikator ini memberikan peta jalan yang jelas bagi universitas untuk berkontribusi secara signifikan terhadap tujuan nasional.

Pencapaian UPI dalam setiap indikator tersebut tidak hanya mencerminkan pertumbuhan institusional, tetapi juga kecerdasan strategis dalam beradaptasi dengan kebutuhan pendidikan abad ke-21.

Pertumbuhan Kinerja: Perjalanan Menuju Keunggulan yang Berkelanjutan

Kemajuan UPI terlihat nyata dalam peningkatan signifikan di seluruh IKU yang mencakup area-area penting, seperti daya saing lulusan, keterlibatan mahasiswa dalam dunia nyata, aktivitas dosen di luar kampus, serta internasionalisasi program akademik.

Pada 2023, UPI semakin memperkokoh posisinya dengan capaian 74,3 persen, menempatkan UPI di antara 5 yang terbaik di Indonesia.

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A. dalam acara perayaan Dies Natalis UPI ke-70 pada Senin (21/10) mengatakan, Dengan capaian tersebut, peringkat UPI dalam capaian IKU juga naik dari posisi ke-11 dari 12 PTN-BH pada tahun 2020 menjadi posisi ke-5 dari 21 PTN-BH pada 2023.

Capaian tersebut menunjukkan reputasi UPI yang semakin meningkat, tidak hanya sebagai pusat keunggulan pendidikan, tetapi juga sebagai institusi yang mendorong visi nasional untuk menjadi negara berbasis pengetahuan yang kompetitif.

“Pertumbuhan kinerja ini juga membawa dampak finansial yang positif, dengan peningkatan insentif dari pemerintah, dari sekitar Rp 1 miliar pada 2020 menjadi sekitar Rp 7 miliar pada 2023,” ujarnya.

Prof. Solehuddin menuturkan, dalam ekspansi akademik, peningkatan jumlah mahasiswa dan kualitas pendidikan pada 2024, UPI mencatat lonjakan tajam dalam penerimaan mahasiswa dengan total 10.296 mahasiswa, naik dari 8.476 pada 2020, yang berarti kenaikan sebesar 21,47 persen.

Reputasi UPI sebagai pilihan utama bagi calon mahasiswa menunjukkan bahwa UPI kini menjadi universitas yang diminati oleh para calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Jumlah mahasiswa program pascasarjana UPI juga secara umum masih relatif stabil, walaupun untuk beberapa prodi perlu upaya revitalisasi dan sosialisasi lebih giat lagi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan