Tiga Paslon di Pilkada KBB Jadi Rebutan Pemilih Pemula, Popularitas Bersaing Ketat!

JABAREKSPRES –  Pilkada di Kabupaten Bandung Barat ( KBB) yang menampilkan 5 pasangan calon menjadi ajang pemilih pemula. Sebab 3 diantaranya diisi oleh tokoh publik figur yang memiliki latar belakang selebritis.

Sebut saja pasangan Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat Usman, Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail dan Dikdik Agus Triwiyono – Gilang Dirga Dirgahari.

Meski begitu, berdasarkan hasil dari lembaga survei Median Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat Usman, Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail dan Edi Risyandi-Unjang Asari jadi pilihan utama pemilih pemula di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Direktur Riset Median Ade Irfan mengatakan, berdasarkan hasil survei terbaru, pemilih pemula lebih condong memilih Hengky-Ade dengan hasil 34,4 persen. Sedangkan Jeje Ritchie-Asep dengan 24,1 persen.

‘’Tak kalah meneriknya pasangan Edi-Unjang berada di posisi ketiga dengan 11,1 persen,’’ucap Ade dalam keterangannya, Jumat, (18/10/2024).

Menurutnya, pemilih pemula di KBB memiliki potensi sangat besar yang bisa menyumbangkan suara. Keberadaannya ternyata sudah menjadi incaran para paslon di Pilkada.

Keberadaan pemilih pemula ini bisa jadi akan mengubah elektabilitas paslon dan menajdi barometer tingkat partisipasi pemilih.

“Bisa saja pemilih pemula ini mengubah elektabilitas pasangan calon,” kata dia.

Kendati begitu, dalam hasil survei, popularitas petahana Hengky Kurniawan masih unggul dengan hasil 90,2 persen. Sedangkan Jeje Ritchie Ismail 87,1 persen. Kemudian ditempel ketat Gilang Dirga Dirgahari yang mencapai 84,6 persen.

Sedangkan calon lain seperti Dikdik Agus Triwiyono memperoleh popularitas 61,7 persen. sementara kandidat lainnya berada di bawah 50 persen.

Dari sisi elektabilitas, pasangan Hengky-Ade berada di posisi teratas dengan 24,6 persen, disusul oleh Dikdik Agus Triwiyono-Gilang Dirga Dirgahari dengan 22,5 persen.

‘’Sedangkan untuk Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail yang meraih 20,4 persen,’’ ujarnya.

Dinamika Pemilih

Sebanyak 45,7 persen pemilih sudah mantap dengan pilihannya, namun 38,7 persen masih terbuka untuk perubahan.

‘’Ini menunjukkan bahwa masih ada potensi perubahan preferensi di kalangan pemilih hingga hari pemilihan,’’ ujarnya.

Alasan pemilih memilih masing-masing pasangan juga beragam. Sebanyak 30 persen responden memilih pasangan Hengky-Ade karena pengalaman mereka sebagai petahana.

Sementara 13,6 persen mendukung pasangan Dikdik-Gilang karena dianggap agamis. Sedangkan 27,8 persen memilih Jeje Ritchie-Asep berkat popularitas dan program kerja mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan