Hilgers dan Reijnders Resmi jadi WNI, Tembok Pertahanan Timnas Makin Tangguh

JABAREKSPRES.COM, BANDUNG – Tembok pertahanan Timnas Indonesia bakal makin tangguh. Karena, Mees Victor Joseph Hilgers dan Eliano Johannes Reijnders telah resmi jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Keduanya adalah pemain dari klub sepak bola profesional Belanda. Hilgers adalah bek tengah yang merumput untuk FC Twente. Sedangkan Reijnders merupakan bek sayap PEC Zwolle.

Kehadiran dua pemain naturalisasi itu jadi angin segar Timnas Indonesia untuk menapaki kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka resmi menjadi WNI setelah sejumlah proses naturalisasi dilakukan. Termasuk pengambilan sumpah janji setia di Belgia, Senin (30/9).

Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU), Cahyo Rahadian Muzhar, mengungkapkan, proses naturalisasi kedua pemain itu cukup panjang. Tapi akhirnya semuanya bisa dituntaskan. Sehingga mereka bisa memperkuat Timnas Indonesia. “Naturalisasi itu cara strategis untuk memperkuat olah raga nasional,” tuturnya.

Cahyo melanjutkan, dengan naturalisasi, tentunya para atlet berdarah Indonesia bisa ditarik ke tanah air. Mereka bisa berbagai pengalaman dan kemampuan untuk kepentingan olah raga nasional. “Untuk harumkan nama Indonesia juga,” jelasnya.

Apalagi saat ini Timnas Indonesia juga tengah bersiap melakoni agenda penting. Yakni melawan kesebelasan Bahrain dan Tiongkok di 10 dan 15 Oktober nanti. Itu rangkaian kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. “Latihan dan gaya bermain profesional ala Negeri Kincir Angin itu bisa ditularkan,” imbuhnya.

Kehadiran Hilgers dan Reijnders akan memperkuat lini belakang Timnas Indonesia dan meningkatkan asa untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Mereka juga diproyeksikan akan turut serta dalam sejumlah turnamen besar lainnya, seperti ASEAN Mitsubishi Electric Cup 2024 dan AFC Asian Cup 2027.

Cahyo juga turut berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses naturalisasi. Baginya langkah strategis itu tidak akan jalan jika tidak didukung semua pihak. Mulai dari pemerintah, DPR maupun masyarakat Indonesia.

Naturalisasi Hilgers dan Reijnders juga bagian dari strategi besar pemerintah untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045. Indonesia diharapkan menjadi bangsa maju, mandiri, dan berdaya saing global, termasuk di bidang olahraga.(son)

Writer: Hendrik Muchlison

Tinggalkan Balasan