Begini 3 Cara Cek Jumlah Pelamar CPNS 2024 Tiap Formasi/Jabatan

JABAR EKSPRES – Sambil menunggu pengumuman hasil administrasi CPNS 2024, berikut adalah cara untuk mengcek jumlah pelamar untuk setiap jabatan atau formasi.

Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2024 akan dilakukan secara bertahap mulai besok, Sabtu (14/9/2024) hingga 19 September 2024.

Para pelamar yang berhasil lolos seleksi administrasi akan melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yang akan berlangsung dari 16 Oktober hingga 14 November 2024.

3 Cara Cek Jumlah Pelamar Setiap Formasi CPNS 2024

Berikut tiga cara yang bisa dilakukan oleh pelamar untuk mengecek jumlah pelamar di setiap formasi CPNS 2024:

1.Pengumuman Resmi dari BKN

Pada tahun sebelumnya, BKN biasanya merilis data pelamar CPNS secara umum untuk berbagai instansi melalui tautan statistik yang telah disediakan.

Untuk informasi terbaru, melalui Instagram resminya @bkngoidofficial, BKN menyatakan bahwa, “Update statistik seluruh instansi akan dirilis setelah pendaftaran Kemenag dan Kemdikbud berakhir. Ditunggu aja.”

BACA JUGA: 15 Data Jumlah Pelamar CPNS di Kalimantan Timur dan Utara, Ada yang Capai 9 Ribu Pelamar!

2. Media Sosial Instansi Resmi yang Dilamar

Beberapa instansi pemerintah sering memperbarui informasi mengenai jumlah pelamar CPNS melalui media sosial mereka.

Misalnya, berbagai kementerian, pemerintah daerah tingkat provinsi, kabupaten, atau kota sering membagikan statistik jumlah pelamar mereka.

Meskipun tidak selalu memberikan detail per formasi, beberapa instansi membeberkan informasi tentang formasi dengan jumlah pelamar terbanyak dan terendah.

Adapun yang membagikan jumlah per formasinya, sebagai contoh, informasi yang diposting di Instagram @bkkbn.banten.official menunjukkan jumlah pelamar untuk setiap formasi di BKKBN Provinsi Banten, seperti untuk posisi Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Pertama dengan kuota 16 formasi, terdapat 1.517 pelamar, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: 13 Data Jumlah Pelamar CPNS 2024 di Sulawesi Utara, Ada Berbagai Kabupaten/Kota, Tertinggi 10 Ribu Pendaftar!

3. Situs Web Resmi Instansi yang Dilamar

Salah satu instansi pemerintah yang bisa mengecek jumlah pelamar per formasinya adalah Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kemenkes menyediakan akses untuk memeriksa jumlah pelamar pada setiap formasi melalui situs web resmi mereka.

Pelamar CPNS yang memilih Kemenkes dapat mengunjungi tautan https://casn.kemkes.go.id/ dan mengklik bagian rekap pelamar seleksi CPNS untuk melihat data lengkap per jabatan, termasuk jumlah pelamarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan