Intensitas Hujan Tinggi, Jalan Majalaya-Ciparay Terendam Banjir

Sementara itu, salah satu Relawan Siaga Warga Majalaya, Johan mengatakan jika wilayah Cidawolong memang kerap dilanda banjir meskipun hanya beberapa yang terdampak.

“Kalau ngomongin panjang jalan yang terdampak itu yang paling parah kurang dari 1 kilo karena memang maksimal tinggi banjir itu di 80 cm mobil kecil ga bisa masuk,” ujarnya saat dihubungi.

Johan menjelaskan, wilayah Cidawolong ini jika terjadi hujan sudah pasti akan banjir, namun tergantung dari intensitas hujan dan durasi waktunya.

BACA JUGA: Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa di Cikoneng Ciamis Sampai ke Kejati Jabar

Sedangkan yang membuat wilayah ini kerap terkena banjir lantaran adanya air kiriman. Bahkan menurutnya sampai seharian.

“Cidawolong banjir itu biasanya dari atas kang dari solokan-solokan kecil juga, karena sungai besar gak ada yang kec Cidawolong. Jadi kiriman,” tambahnya.

“Seharian biasanya, kalau misalkan jam 8 malam banjir surut total paling siang jam 12an. Kalau subuh tuh masih ada genangan yang lumayan gede juga,” tuturnya.

Selain itu, Johan juga menyoroti kurangnya realisasi pemerintah terkait perbaikan yang dulu sempat akan direalisasikan.

“Kalau rencana sih dari dulu dari pemerintah sebelumnya juga udah ada, cuman kurang tau realisasinya gimana. Karena liat fakta dilapangan masih (banjir) dan malah makin parah banjirnya,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa di Cikoneng Ciamis Sampai ke Kejati Jabar

“Saya tuh kasian juga sama relawan ambulan, damkar kan kalau misalkan banjir di cidawolong tuh akses jalan paling cepetnya tuh ga ada isinya kalau muter jalur ke atas pasti macet banget. Karena akses jalur alternatif juga paling biasanya naik keatas keluar dari Ciparay,” sambungnya.

Sebagai solusi, Johan bersama relawan siaga warga majalaya juga berpatungan untuk memasang CCTV di wilayah tersebut untuk membantu masyarakat yang akan melintas atau membantu ambulance yang terjebak banjir.

“Makanya kita di siaga warga majalaya kita tuh udunan untuk pasang CCTV di Cidawolong untuk membantu rekan-rekan dari ambulance juga. Tapi sekarang mending, dari Polsek Majalaya ada pasang CCTV juga jadi udah banyak terbantu,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan