Kesiapsiagaan Kunci Menuju Hidup Berdampingan dengan Potensi Risiko Bencana

Skenario ini disusun mengingat wilayah Pesisir Pantai Pangandaran merupakan wilayah rawan bencana namun menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Mulai awal tahun ini, Pemerintah Kabupaten Pangandaran kembali gencar melaksanakan sosialisasi dan mitigasi bencana yang menyasar kepada wisatawan.

Skenario simulasi kali ini menggambarkan terjadinya sebuah fenomena alam Gempa Bumi yang berpotensi Tsunami pada Hari Kamis, Tanggal 5 September 2024, Pukul 10.00 WIB. Gempa bumi dengan skala Mag. 8,8 di Zona Megathrust pantai selatan Pulau Jawa dengan guncangan gempa dirasakan mencapai VI-VIII MMI dengan durasi lebih kurang 46 detik dan dirasakan di seluruh wilayah Kabupaten Pangandaran.

Pusdalops menerima laporan dari BMKG tentang informasi gempa yang terjadi melalui peralatan WRS Gempa kemudian meneruskan informasi tersebut melalui radio kepada relawan dan juga pimpinan. Pusdalops meneruskan informasi melalui sirine  peringatan dini yang terdapat di sepanjang pantai bahwa gempa berpotensi Tsunami.

Seluruh masyarakat yang sedang berwisata menikmati keindahan laut, dan para pedagang yang sedang berjualan menerima informasi akan ada potensi bencana Tsunami, berbondong-bondong menuju Tempat Evakuasi Sementara (TES) Pasar Wisata.

Setelah menunggu beberapa saat, warga masyarakat diberitahu bahwa peringatan potensi tsunami telah berakhir, sehingga masyarakat dapat meninggalkan TES, namun tetap siaga jika gempa susulan terjadi.

Skenario simulasi ini sekaligus mengingatkan warga akan keberadaan TES Pasar Wisata. TES Pasar Wisata merupakan bangunan yang dikhususkan untuk evakuasi dari potensi tsunami bagi warga di sekitar pesisir Pantai Pangandaran.

Bangunan berlantai empat yang dicat dengan warna oranye ini terletak satu kilometer dari bibir pantai. Lokasinya berada di belakang area pasar wisata, tepatnya di Jalan Bulak, Pananjung. Bangunan ini memiliki ketinggian 16 meter. TES Pasar Wisata ini dibangun pada tahun 2016 oleh Kementerian PUPR dan BNPB yang kemudian diserahkan ke Pemerintah Daerah Pangandaran pada tahun 2019.

Terkait dengan upaya kesiapsiagaan melalui simulasi evakuasi mandiri, Lilik mendorong Pemerintah Kabupaten Pangandaran untuk rutin melaksanakannya setiap tanggal 26 tiap bulannya bertepatan dengan tanggal peringatan kesiapsiagaan bencana. Selain rutin berlatih evakuasi mandiri, momen ini juga dapat dimanfaatkan untuk pengecekan alat peringatan dini, sirine, dan rambu-rambu evakuasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan