Meterai Elektronik CPNS Dibutuhkan Malah Down, Begini Cara Mengatasinya

JABAR EKSPRES – Dalam proses pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024, penggunaan meterai elektronik menjadi salah satu persyaratan penting yang harus dipenuhi oleh setiap pelamar. Namun, meterai elektronik cpns dibutuhkan malah down.

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 akan segera berakhir dalam tiga hari lagi, tepatnya pada Jumat, 6 September 2024. Hingga saat ini, sebanyak 1,3 juta pelamar telah mendaftar untuk menjadi bagian dari abdi negara.

Namun, dari jumlah tersebut, hanya 376.233 pendaftar yang telah berhasil mengunggah seluruh berkas dan memenuhi persyaratan. Dari jumlah tersebut, 185.107 pelamar telah lolos verifikasi instansi, sedangkan 43.814 pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat verifikasi.

Salah satu penyebab pelamar tidak memenuhi syarat verifikasi adalah kesulitan dalam mengakses situs meterai elektronik. Situs resmi milik Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) yang digunakan untuk pembelian dan pembubuhan meterai elektronik, yaitu https://meterai-elektronik.com/, sering mengalami gangguan.

BACA JUGA : Cara Kompres Foto KTP dan Berkas CPNS 2024 Jadi Ukuran Kecil, dengan Aplikasi di HP

Hingga Selasa, 3 September 2024, banyak pelamar yang mengeluhkan sulitnya mengakses situs ini. Bahkan, beberapa kali muncul pesan error “404” yang menandakan bahwa halaman yang diinginkan tidak dapat ditemukan.

Kendala ini tentunya sangat menghambat proses pendaftaran, mengingat ada beberapa dokumen penting yang wajib dibubuhi meterai elektronik senilai Rp 10.000. Dokumen tersebut antara lain surat lamaran kepada pimpinan instansi, surat pernyataan 5 poin CPNS, surat pernyataan bersedia tidak mengajukan pindah kerja selama 10 tahun, dan dokumen-dokumen lainnya.

Cara Mengatasi Situs Down Saat Pendaftaran CPNS

Untuk mengatasi kendala akses pada situs meterai elektronik dan portal pendaftaran SSCASN, calon peserta dapat mencoba beberapa langkah berikut:

  1. Bersihkan Riwayat Peramban

Sebelum mencoba mengakses situs kembali, bersihkan riwayat pelacakan, cache, dan cookies pada peramban Anda. Ini dapat membantu mempercepat akses dan mengurangi kemungkinan munculnya error.

  1. Gunakan Koneksi Internet Stabil

Pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang stabil. Koneksi yang sering terputus dapat menyebabkan halaman tidak dapat dimuat dengan sempurna.

  1. Pilih Waktu Akses yang Tepat

Cobalah untuk mengakses situs pada jam-jam yang tidak sibuk, seperti tengah malam atau dini hari. Pada saat ini, beban server biasanya lebih rendah sehingga kemungkinan sukses mengakses situs lebih besar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan