Dinkes Cimahi Ajak Warga Waspadai Cacar Monyet

JABAR EKSPRES – Meski Kota Cimahi masih aman dari wabah cacar monyet atau Mpox, Dinas Kesehatan Kota Cimahi tetap menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Penyakit yang telah dinyatakan sebagai darurat kesehatan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ini belum ditemukan di Cimahi, namun potensi penyebarannya masih ada, terutama karena tingginya mobilitas warga yang bepergian ke berbagai daerah, termasuk luar negeri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Mulyati, menegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada laporan kasus cacar monyet di wilayah Cimahi.

“Meskipun belum ada kasus yang terdeteksi, pihak Dinas Kesehatan tetap mengimbau masyarakat untuk waspada dan menjaga pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (2/9/24).

Mulyati menambahkan bahwa potensi penyebaran virus tetap ada, terutama dengan mobilitas warga yang tinggi.

BACA JUGA: Kunci Jawaban Kelas 12 Hal 90-91 Tentang Robot Sosial untuk Lansia, Kurikulum Merdeka!

Menurutnya, meskipun Cimahi belum terdampak, masyarakat perlu mengenal gejala awal jika terpapar Mpox.

“Gejala tersebut mencakup demam, sakit kepala hebat, nyeri otot, dan pembengkakan kelenjar getah bening,” jelasnya.

Dalam beberapa hari, ruam muncul di wajah, tangan, kaki, hingga alat kelamin, yang berawal dari bintik merah, berubah menjadi lepuhan berisi cairan, kemudian mengeras dan membentuk koreng yang akhirnya rontok.

Mulyati juga mengingatkan bahwa jika seseorang mengalami gejala-gejala tersebut, mereka harus segera memeriksakan diri ke puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat.

“Laporkan kontak erat agar bisa dilakukan tracing untuk mencegah penularan yang lebih luas,” tambahnya.

BACA JUGA: 120 Anggota DPRD Jabar Dilantik, Diminta Kedepankan Kepentingan Publik

Selain itu, seluruh rumah sakit di Cimahi juga diminta untuk berkordinasi dengan RS Hasan Sadikin jika menemukan kasus Mpox di wilayah Cimahi.

Dalam upaya pencegahan, Mulyati menyarankan masyarakat untuk rutin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker di tempat umum, dan menghindari kontak langsung dengan penderita yang menunjukkan gejala.

“Saya menghimbau kepada seluruh warga Cimahi untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat sebagai langkah preventif,” pungkasnya.

Dengan kesiapsiagaan dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat, diharapkan Kota Cimahi dapat terhindar dari penyebaran cacar monyet yang berbahaya ini. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan