Klaster Kampung Klepon Binaan BRI di Sidoarjo, WarisanJajan Nusantara Bangkitkan Ekonomi Desa

Jajanan kue klepon tentu menjadi unggulan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Bulang. Kondisi inisemakin diperkuat dengan kehadiran BRI melalui program Klasterku Hidupku yang membantu mengembangkan usaha para pedagang.

Menjadi UMKM Unggul Melalui Klasterku Hidupku BRI

Sinergi antara BRI dengan pedagang klepon Desa Bulang tidakhanya berkaitan dengan akses permodalan. BRI bahkan terlibatlangsung dalam pembinaan hingga berinteraksi langsung denganHj Nunuk bersama para pelaku UMKM Klepon yang tergabungdalam klaster binaan.

Dari situ, terlihat bahwa usaha klepon warga Desa Bulangmemiliki potensi yang besar untuk terus berkembang. Ditambahkekompakan para anggota klaster klepon ini untuk terusmemajukan usahanya.

Program Klasterku Hidupku dari BRI merupakan wadah bagipelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Melaluiberbagai kegiatan pendampingan tersebut, pelaku UMKM diharapkan bisa mendapatkan kesempatan mengembangkanproduknya.

Hj Nunuk mengakui kehadiran BRI melalui Klasterku Hidupkumembuat anggota klaster klepon menjadi semakin terbantu. Bantuan peralatan produksi klepon ditambah denganpendampingan layanan dan produk BRI tentu membuat para pelaku UMKM klepon binaan BRI semakin bersemangat.“Alhamdulillah, kami di Kampung Klepon sangat terbantu dan berterimakasih dengan kehadiran BRI. Dan sekarang kami semakin maju lagi,” ujarnya.

Berkat progam Klasterku Hidupku BRI, pelaku UMKM kleponDesa Bulang juga mendapat bantuan alat masak. Melaluibantuan ini, sekaligus menjadi bukti nyata BRI berada di tengahmasyarakat dalam membantu mengembangkan usaha di tengahmasyarakat.

Di samping itu, BRI juga memberikan layanan literasiperbankan lewat digitalisasi dengan mengadirkan pembayarandigital melalui QRIS. Para pelaku UMKM klepon binaan BRI juga mendaftarkan rekening melalui BRImo, agar lebihmempermudah dalam pembayarannya.

Pemberdayaan Klaster Usaha sendiri merupakan pemberdayaankepada kelompok usaha yang terbentuk berdasarkan kesamaanusaha, dalam satu wilayah sehingga tercipta keakraban dan kebersamaan dalam peningkatan maupun pengembangan usahapara anggotanya. Hingga akhir Juli 2024 tercatat BRI telahmemiliki 31.488 klaster usaha yang tergabung dalam program Klasterku Hidupku. BRI juga telah menyelenggarakan 2.184 pelatihan dalam program Klasterku Hidupku tersebut.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa program Klasterku Hidupku merupakansalah satu bentuk strategi yang mengutamakan pemberdayaan.Secara umum, strategi bisnis mikro BRI di 2024 akan fokuspada pemberdayaan berada di depan pembiayaan. BRI sebagai bank yang berkomitmen kepada pelaku UMKM telah memiliki kerangka pemberdayaan yang dimulai dari fase dasar, integrasi, hingga interkoneksi,” ungkap Supari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan