Rating Usia Film Kang Mak (From Pee Mak) di Bioskop, Bolehkah Anak Menonton? Ini Infonya

JABAR EKSPRES – Berikut adalah penjelasan tentang rating usia untuk film “Kang Mak Mak” (From Pee Mak), yang resmi tayang di bioskop hari ini, Kamis (15/8/2024).

Setiap film diproduksi dengan target pasar yang berbeda, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Untuk memastikan Anda memilih film yang tepat untuk anak-anak, penting untuk memahami perbedaan antara rating usia pada film.

Rating Usia Film “Kang Mak” (From Pee Mak)

Menurut informasi dari 21cineplex.com, film komedi horor terbaru yang dibintangi oleh Vino G Bastian, Indro Warkop, Tora Sudiro, Marsha Timothy, dan lainnya ini memiliki rating usia R13+.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019, pasal 17, R13 berarti film ini ditujukan untuk penonton usia 13 tahun ke atas.

Film dan iklan film yang telah disensor akan menampilkan kode penggolongan usia sebagai berikut:

  1. SU: untuk semua umur;
  2. R13: untuk usia 13 tahun ke atas;
  3. D17: untuk usia 17 tahun ke atas; dan
  4. D21: untuk usia 21 tahun ke atas.

BACA JUGA: Jadwal Tayang Film ‘Kang Mak From Pee Mak’ di Bioskop, Genre Horor Komedi Diperankan Vino G Bastian

Menurut Pasal 19, film dan iklan film dengan kode R13, sebagaimana diatur dalam Pasal 17 huruf b, ditujukan khusus untuk remaja dan dirancang untuk menyampaikan nilai-nilai pendidikan dan pengetahuan, serta nilai sosial dan budaya. Selain itu, film juga mengandung unsur budi pekerti, hiburan, apresiasi, estetika, dan kreativitas, yang bertujuan menumbuhkan rasa ingin tahu yang positif tentang lingkungan sekitar.

Film dan iklan film dengan kode R13 harus menyertakan elemen-elemen seperti judul, tema, gambar, adegan, suara, dan teks terjemahan yang sesuai dengan tahap peralihan dari anak-anak ke remaja.

Selain itu, film dan iklan dengan kode R13 dapat dipertunjukkan di berbagai media, termasuk layar lebar, siaran televisi, jaringan teknologi informasi, dan media pertunjukan publik lainnya.

Demikian informasi seputar rating usia film Kang Mak (From Pee Mak) yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA: Film Thailand Pee Mak Tentang Apa? Diremake Versi Indonesia “Kang Mak”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan