Rekomendasi 30 Pakaian Adat Indonesia untuk Upacara 17 Agustus

15. Jawa Timur: Pesa’an

Pesa’an adalah pakaian adat Madura yang biasanya dikenakan oleh pria, dikenal dengan warna-warna cerah dan pola garis yang khas.

16. Kalimantan Barat: King Baba dan King Tompang

King Baba untuk pria dan King Tompang untuk wanita adalah pakaian adat suku Dayak di Kalimantan Barat, sering digunakan dalam upacara adat dan tarian tradisional.

17. Kalimantan Timur: Pakaian Adat Kustin

Pakaian Adat Kustin adalah busana tradisional suku Dayak Kenyah di Kalimantan Timur, dikenal dengan keindahan motif tenun ikat dan aksesoris yang melengkapinya.

18. Kalimantan Selatan: Babaju Kun Galung Pacinan

Babaju Kun Galung Pacinan adalah pakaian adat suku Banjar di Kalimantan Selatan, sering digunakan dalam acara adat dan upacara keagamaan.

19. Kalimantan Tengah: Sangkarut

Sangkarut adalah pakaian adat yang digunakan oleh suku Dayak Ngaju di Kalimantan Tengah, biasanya terbuat dari serat alam dan dihiasi dengan motif-motif tradisional.

20. Kalimantan Utara: Ta’a dan Sapei Sapaq

Ta’a untuk wanita dan Sapei Sapaq untuk pria adalah busana adat suku Dayak di Kalimantan Utara, mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi suku tersebut.

21. Gorontalo: Biliu dan Makuta

Biliu untuk wanita dan Makuta untuk pria adalah pakaian adat Gorontalo yang sering digunakan dalam upacara pernikahan, mencerminkan keanggunan dan kehormatan.

22. Sulawesi Barat: Pattuqduq Towaine

Pattuqduq Towaine adalah busana adat yang dikenakan oleh wanita suku Mandar di Sulawesi Barat, sering digunakan dalam upacara adat dan perayaan budaya.

23. Sulawesi Tengah: Baju Nggembe

Baju Nggembe adalah pakaian adat suku Kaili di Sulawesi Tengah, dikenal dengan potongan longgar dan aksesoris khas yang melengkapinya.

24. Sulawesi Utara: Laku Tepu

Laku Tepu adalah pakaian adat suku Minahasa di Sulawesi Utara, sering digunakan dalam upacara adat dan perayaan budaya.

25. Sulawesi Tenggara: Kinawo dan Babu Nggawi

Kinawo untuk pria dan Babu Nggawi untuk wanita adalah pakaian adat suku Tolaki di Sulawesi Tenggara, mencerminkan keindahan dan keunikan budaya suku tersebut.

26. Sulawesi Selatan: Baju Bodo dan Baju Pokko

Baju Bodo untuk wanita dan Baju Pokko untuk pria adalah pakaian adat suku Bugis-Makassar di Sulawesi Selatan, sering digunakan dalam upacara adat dan pernikahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan