Rekomendasi 30 Pakaian Adat Indonesia untuk Upacara 17 Agustus

Teluk Belanga untuk pria dan Kebaya Laboh untuk wanita adalah busana tradisional Melayu yang elegan. Kedua pakaian ini sering digunakan dalam upacara adat maupun acara resmi lainnya.

5. Bengkulu: Rejang Lebong

Rejang Lebong adalah pakaian adat yang mencerminkan keindahan dan kekuatan budaya Bengkulu. Busana ini biasa digunakan dalam upacara adat yang penting, seperti pernikahan dan penyambutan tamu kehormatan.

6. Jambi: Baju Kurung Tanggung

Baju Kurung Tanggung adalah pakaian tradisional Jambi yang menonjolkan kesederhanaan dan keanggunan. Biasanya digunakan oleh wanita, busana ini hadir dengan potongan longgar dan dihiasi dengan kain songket.

7. Lampung: Tulang Bawang

Tulang Bawang adalah pakaian adat yang dipakai dalam upacara adat Lampung. Ciri khasnya adalah penggunaan kain tapis yang ditenun dengan motif-motif khas Lampung.

8. Sumatera Selatan: Aesan Gede

Aesan Gede merupakan pakaian adat yang mencerminkan kemegahan Kerajaan Sriwijaya. Busana ini biasanya digunakan dalam upacara adat Palembang dan terkenal dengan aksesoris emasnya yang mewah.

9. Bangka Belitung: Paksian

Paksian adalah pakaian adat Bangka Belitung yang dikenal dengan keindahan dan keunikan kain cual, yaitu kain tenun khas daerah tersebut.

10. Banten: Baju Pangsi

Baju Pangsi adalah busana tradisional yang umum dikenakan oleh pria Banten, terutama dalam acara-acara adat dan seni bela diri pencak silat.

11. DKI Jakarta: Kebaya Encim dan Sadariah

Di Jakarta, Kebaya Encim untuk wanita dan Sadariah untuk pria adalah pakaian adat Betawi yang sering digunakan dalam upacara adat dan perayaan resmi, mencerminkan perpaduan budaya yang kaya di ibu kota.

12. Jawa Barat: Pakaian Adat Bedahan dan Kebaya Sunda

Pakaian Adat Bedahan untuk pria dan Kebaya Sunda untuk wanita adalah busana tradisional yang sering digunakan dalam acara adat di Jawa Barat, mencerminkan kesederhanaan dan keanggunan budaya Sunda.

13. Jawa Tengah: Kebaya Jawa

Kebaya Jawa adalah busana tradisional yang mencerminkan keanggunan dan kehormatan wanita Jawa. Pakaian ini sering digunakan dalam acara resmi maupun adat.

14. DI Yogyakarta: Kebaya Ksatrian

Kebaya Ksatrian adalah pakaian adat Yogyakarta yang mencerminkan kebesaran dan kemuliaan keluarga keraton. Pakaian ini biasanya digunakan dalam upacara resmi dan pernikahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan