Pilkada Banjar Empat Paslon? Ini Gambarannya

JABAR EKSPRES – Sejumlah figur yang akan maju dalam Pilkada Banjar tahun 2024 baik untuk bakal calon wali kota maupun wakil wali kota yang diusung oleh partai politik kian mengerucut. Bahkan sejumlah sosok sudah santer dipasang-pasangkan.

Seperti dari Partai Golkar sebagai pemenang pemilu di Kota Banjar. Kader dari Partai Golkar yakni Sudarsono dipasangkan dengan Supriyana dari Partai PKB. Kemudian dari PDI Perjuangan yakni H Nana Suryana dengan Mujamil dari PPP.

Kemudian Bambang Hidayah yang diusung Gerindra dan Hanura dipasangkan dengan Irma Bastaman dari Demokrat termasuk koalisi Madani yang didalamnya ada PKS, PAN, dan Nasdem.

Kemudian pasangan Akhmad Dimyati dengan Ari Lian Akaira Malam, yang dikenal sebagai Alam Mbah Dukun maju dari jalur perseorangan.

BACA JUGA: Tim Bambang Hidayah Resah Rekomendasi dari Gerindra Belum Turun

Menurut Nana Suryana, komunikasi antara partai PDI Perjuangan dengan PPP sejak awal berjalan baik.

“Komunikasi saya dengan Pak Mujamil juga sudah terjalin baik dari awal, tidak pernah ada kebuntuan,” kata Nana Suryana saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin 12 Agustus 2024.

Ia menerangkan untuk deklarasi rencananya akan dilaksanakan sekitar pertengahan bulan Agustus 2024 jelang pendaftaran pencalonan kepala daerah ke KPU Banjar pada 27 hingga 29 Agustus 2024.

“Untuk koalisi masih terbuka kesempatan bagi Parpol lain untuk bergabung dalam koalisi dengan PDI Perjuangan, termasuk PPP,” katanya.

Sinyal lain untuk paslon juga muncul dari Partai Golkar. Sudarsono yang ditunjuk DPD Golkar Banjar untuk maju sebagai Balon Walikota nampaknya sudah mengunci satu nama sebagai pasangannya. Sosok yang ramai diperbincangkan adalah Supriana. Ketua MUI Kota Banjar itu digadang-gadang akan mengamankn tiket PKB untuk bergabubg dengan Golkar dan menjadi wakil dari Sudarsono.

“Sekitar 4 hari lagi kita melakukan kesepakatan dengan Pak Supriana,” kata Sudarsono.

Sementara Bambang Hidayah sudah merapatkan barisan dengan koalisi Madani. Mantan Kepala BBWS Citanduy itu dinilai sejalan dengan koalisi Madani dan siap dipasangkan dengan Irma Bastaman dari Partai Demokrat.

“Kemungkinan besar Gerindra, Hanura, itu akan berkoalisi dengan Madani. Jelas jika Pak Bambang Hidayah jadi direkomendasikan oleh Gerindra, kemungkinan akan disiapkan wakilnya dari Koalisi Madani,” kata Kader DPC Partai Gerindra Kota Banjar Ryan R Mustofa. (CEP)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan