Andy Murray Pensiun dari Dunia Tenis Usai Kalah di Olimpiade Paris 2024

Murray mengakhiri penantian 77 tahun Inggris untuk menjadi juara di sektor putra di Wimbledon ketika ia meraih kemenangan pada 2013 dengan mengalahkan Djokovic di final.

Dia menambahkan gelar major kedua pada 2016, menjadikan total gelar Grand Slam dalam kariernya menjadi tiga setelah US Open 2012.

Murray memenangi emas pada Olimpiade 2012 di All England Club ketika ia mengalahkan Federer hanya beberapa pekan setelah ia kalah di final Wimbledon dari petenis Swiss itu di lapangan yang sama.

Empat tahun kemudian ia mengalahkan Juan Martin del Potro untuk menjadi petenis pertama, putra maupun putri, yang memenangi dua medali emas tunggal Olimpiade.

Murray juga memimpin Inggris meraih gelar Piala Davis pada 2015, yang pertama bagi negaranya dalam 79 tahun.

Dia telah memenangi 46 gelar secara keseluruhan.

Namun, ia dilanda cedera dalam beberapa tahun terakhir, merosot ke peringkat 117 dunia.

Petenis asal Skotlandia itu telah bermain dengan pinggul berimplan metal sejak 2019 dan mengalami cedera pergelangan kaki awal tahun ini sebelum menjalani operasi pengangkatan kista tulang belakang, yang membuatnya absen dari pertandingan nomor tunggal di Wimbledon.

Ia bermain di nomor ganda dengan saudaranya Jamie, namun kalah pada babak pertama sebelum upacara penghormatan emosional yang disiapkan oleh ketua turnamen.

“Sulit karena saya ingin terus bermain, tapi saya tidak bisa,” ujar Murray di All England Club.

“Secara fisik saat ini terlalu sulit, semua cederanya bertambah meski tidak terlalu signifikan.”

Di sisi lain, mulai bermunculan bintang baru di tenis putra.

Jannik Sinner, petenis Italia berusia 22 tahun, menggantikan Djokovic sebagai juara Australian Open pada Januari dan akhirnya meraih peringkat satu dunia.

Carlos Alcaraz, 21 tahun, memenangi French Open dan berhasil mempertahankan gelar Wimbledon mengalahkan Djokovic dalam final pada bulan lalu.

“Merupakan suatu kehormatan untuk berbagi lapangan denganmu, Andy!” tulis Alcaraz di media sosial X sebagai penghormatan kepada Murray.

“Selamat atas karier legendaris dan menjadi teladan bagi semua orang. Anda akan selalu memiliki penggemar di sini.”

Tinggalkan Balasan