7 Tradisi Unik Peringatan 17 Agustus di Berbagai Daerah

Masyarakat akan membuat tandu besar yang berisi aneka hasil bumi, hasil kerajinan masyarakat setempat, serta berbagai macam makanan.

Tandu tersebut akan dibawa oleh empat orang atau lebih dan di arak berkeliling. Hasil bumi yang ada pada tandu tersebut kemudian akan diperebutkan oleh peserta pawai dan warga yang ikut menyaksikan pawai.

Lalu, makanan tradisional di tandu tersebut juga akan disantap bersama-sama.

Tradisi ini kini berkembang dibanyak wilayah dengan nama yang berbeda-beda.

6. Obor Estafet dari Semarang

Tradisi obor estafet yang sering digelar masyarakat Kelurahan Papandayan, Kecamatan Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah ini merupakan tradisi unik yang tidak ada di daerah lain.

Tradisi ini merupakan lomba yang digelar oleh para atlet lari di Semarang, yang disaksikan oleh masyarakat umum.

Pemilihan obor sebagai pengganti tongkat estafet karena dianggap sebagai simbol semangat dari para pahlawan saat memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

7. Telok Abang dari Palembang

Tradisi yang terakhir adalah Telok abang, merupakan permainan khas yang selalu muncul saat bulan Agustus.

Mainan dari terbuat dari gabus ini dibentuk menjadi kapal laut, pesawat terbang, atau kereta,

Selain gabus yang berwarna kuning serta berbagai kertas yang ditempelkan sebagai hiasan, Telok Abang juga dilengkapi dengan telur rebus. Uniknya, telur tersebut dicat dengan warna merah, kemudian ditancapkan di bagian tengah kapal.

Itulah 7 tradisi unik yang biasanya digelar oleh masyrakat dalam memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI, masih banyak lagi tradisi u ik lainnya yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia, dengan berbagai macam filosofi yang mendasari digelarnya tradisi tersebut.

Apa tradisi unik di daerahmu untuk merayakan HUT RI tahun ini?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan