Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Berkendara

JABAR EKSPRES – Saat akan berkendara kemanapun dan kapanpun, pengendara harus mempersiapkan beberapa hal untuk memastikan tubuh pengendara dan motor yang akan digunakan dalam kondisi yang aman dan prima.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, “Sebelum berkendara, sebaiknya kita melakukan pemanasan ringan terlebih dahulu selama sekitar 5-10 menit. Pemanasan ini bertujuan untuk meningkatkan refleks kita dan melancarkan peredaran darah, sehingga mengurangi kemungkinan cedera atau kram saat berkendara. Selain itu, pemanasan ringan juga bertujuan untuk mengecek keseluruhan kondisi tubuh kita, apakah siap untuk berkendara atau tidak.”

Setelah melakukan pemanasan dan memastikan tubuh berada dalam kondisi yang baik, tahap kedua adalah memeriksa kondisi kendaraan yang akan kita gunakan. Ada banyak fitur motor yang harus diperiksa dan dipastikan dalam kondisi baik, yaitu kopling, rem, rantai, ban, lampu, baterai, dan baut-baut. Namun, tidak mungkin untuk memeriksa keseluruhan fitur tersebut setiap kali akan bepergian karena akan menghabiskan waktu yang cukup lama.

Pengendara sepeda motor dapat memastikan kondisi motor dalam keadaan baik dengan melakukan pengecekan secara rutin di bengkel resmi atau AHASS terdekat. Namun, ada tiga fitur yang bisa di cek secara mandiri saat akan berkendara.

Pertama adalah ban, pastikan ban yang kita gunakan tidak gundul dan masih memiliki alur yang baik agar dapat mencengkram aspal dengan baik, sehingga mengurangi risiko licin saat berkendara. Selain alur ban, pastikan bahwa ban yang digunakan belum kadaluarsa. Batas usia ban umumnya adalah lima tahun, pemilik kendaraan bisa mengecek umur ban dari empat angka yang tertera di samping ban.

Fitur kedua yang harus diperiksa adalah sistem pengereman. Pastikan bahwa kedua rem, baik depan maupun belakang, berfungsi dengan baik. Jangan sampai kita mengalami rem blong saat berkendara, yang bisa menyebabkan kecelakaan. Fitur ketiga yang harus dipastikan dalam kondisi baik adalah lampu, karena lampu yang menyala dengan baik merupakan indikasi kualitas baterai motor yang baik juga. Ini berarti pengapian motor dan starter motor akan berfungsi dengan baik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan