Mengungkap Manfaat Daun Insulin untuk Mengatasi Diabetes, Terbukti Ampuh?

JABAR EKSPRES – Kali ini kami akan mengungkap manfaat yang ada pada daun insulin yang diklaim dapat mengatasi diabetes dengan efektif.

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga : Ternyata Kesepian Bisa Bikin Mudah Pikun, Kok Bisa?

Penyakit ini bisa berlangsung seumur hidup jika tidak ditangani dengan tepat.

Banyak penderita diabetes mencari alternatif pengobatan selain obat-obatan medis, salah satunya dengan menggunakan daun ini.

Namun, seberapa efektifkah daun insulin dalam mengatasi diabetes? Mari kita telusuri lebih lanjut.

Fakta Tentang Daun Insulin dalam Mengatasi Diabetes

Daun insulin, atau dikenal juga dengan nama ilmiah Costus igneus, adalah tanaman obat yang dipercaya memiliki kemampuan untuk membantu mengendalikan diabetes.

Daun dari tanaman ini diklaim dapat membantu tubuh dalam memproduksi insulin dengan memperkuat sel beta pankreas.

Tanaman ini sering dijuluki sebagai “tanaman insulin” karena manfaat yang dipercayai masyarakat.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun ini, pengidap diabetes disarankan mengonsumsi dua daun di pagi hari dan dua daun di malam hari pada minggu pertama.

Pada minggu kedua, dosisnya dikurangi menjadi satu daun pagi dan malam hari. Kebiasaan ini harus dilakukan selama 30 hari, dan daun harus dikunyah dengan baik sebelum ditelan.

Daun ini menghasilkan sedikit air yang mengandung asam corosolic, zat yang berfungsi dalam proses metabolisme glukosa seperti insulin, sehingga dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Asam corosolic mampu mengangkut glukosa ke dalam sel dan mengeluarkannya dari aliran darah, yang membuat daun ini dianggap efektif bagi pengidap diabetes.

Namun, apakah benar demikian? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bubuk daun dari tanaman insulin ini efektif dalam mengendalikan kadar gula darah.

Konsumsi daun ini bersamaan dengan obat konvensional juga dikatakan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes.

Disebutkan bahwa setelah 15 hari konsumsi daun Costus igneus, terjadi penurunan signifikan terhadap kadar gula darah.

Meskipun daun ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah, penting untuk dicatat bahwa daun ini tidak benar-benar menyembuhkan diabetes.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan